press enter to search

Senin, 16/07/2018 15:15 WIB

Rupiah Melemah di Pasar Antarbank Kamis Pagi

Redaksi | Kamis, 28/09/2017 11:26 WIB
Rupiah Melemah di Pasar Antarbank Kamis Pagi Ilustrasi

JAKARTA (aksi.id) - Nilai tukar rupiah yang diperjualbelikan antarbank di Jakarta, Kamis pagi, (28/9/2017), bergerak melemah sebesar 105 poin menjadi Rp13.547 dibandingkan sebelumnya pada posisi Rp13.445 per dolar Amerika Serikat (AS).

Analis Monex Investindo Futures Agus Chandra mengatakan rencana pemangkasan pajak oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendorong dolar AS mengalami apresiasi terhadap mayoritas mata uang dunia.

"Pemangkasan pajak itu dipercaya dapat memciu pertumbuhan dan tingkat investasi di AS," katanya.

Di sisi lain, lanjut dia, nada optimistis dari Ketua The Fed Janet Yellen untuk menaikan suku bunganya pada akhir tahun ini turut menjadi sentimen positif bagi dolar AS di pasar valas.

"Dolar AS menguat dipicu oleh pernyataan Janet Yellen yang membuka peluang kenaikan suku bunganya," katanya seperti dilansir Antara.

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih mengatakan bahwa respon pasar terhadap rencana pemangkasan pajak dari Donald Trump dalam anggarannya yang akan dimulai per 1 Oktober 2017 mendorong dolar AS menguat tajam.

Ia menambahkan bahwa penguatan dolar AS juga dipicu respon pasar terhadap pengurangan neraca AS yang bertahap, sebagai indikasi kebijakan moneter yang relatif masih belum begitu ketat.

"Kombinasi kebijakan fiskal ekspansi dan moneter yang tidak begitu ketat membuat ekspektasi pertumbuhan ekonomi AS yang akan lebih tinggi," katanya. (aliy)