press enter to search

Rabu, 18/09/2019 19:15 WIB

KM Sabuk Nusantara 87 untuk Perairan Bergelombang Tinggi

Redaksi | Sabtu, 30/09/2017 20:39 WIB
KM Sabuk Nusantara 87 untuk Perairan Bergelombang Tinggi Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Laut Bay M Hasani

JAKARTA (beritatrans.com) - Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 87 yang baru diluncurkan hari ini, Sabtu (30/9/2017) di galangan PT Mariana Bahagia, Banyu Asin, Sumatera Selatan rencananya akan ditempatkan untum perairan yang memiliki gelombang rata-rata 2 meter lebih seperti yang banyak terdapat di wilayah Indonesia timur.

"Rencananya akan ditempatkan di wilayah perairan yang melewati ketinggian gelombang rata-rata di atas 2 meter yang umumnya terdapat di wilayah Samudera Hindia dan Indonesia Bagian Tengah dan Timur," kata Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Laut Bay M Hasani.

Lebih lanjut, Bay menyebutkan bahwa dalam kurun waktu tahun 2015 s.d. 2017, Ditjen Hubla Kemenhub telah membangun 100 unit kapal perintis.

"Pemerintah terus berupaya meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana transportasi laut sebagai wujud komitmen Kementerian Perhubungan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan transportasi kepada masyarakat," jelas Bay.

Pembangunan 1 unit kapal perintis Tipe GT 2000 (Paket U) memiliki masa kontrak selama 25 bulan dengan nilai kontrak kurang lebih Rp73 miliar.

"Hingga hari ini realisasi fisik pekerjaan pembangunan kapal telah mencapai 86,025 %," kata Bay.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa Kementerian Perhubungan berkomitmen untuk terus membangun dan menyiapkan sarana dan prasarana di sektor transportasi laut, di antaranya dengan membangun kapal dan pelabuhan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat guna meningkatkan pertumbuhan perekonomian di suatu wilayah sehingga menjadi lebih berkembang dan mandiri.

Hal tersebut sekaligus salah satu upaya mengembalikan kejayaan maritim sebagai bagian dari kemandirian maritim Indonesia menuju poros maritim dunia yang menjadi cita-cita Pemerintahan Presiden Joko Widodo. (aliy)