press enter to search

Rabu, 22/01/2020 11:43 WIB

Franco Morbidelli Murid Valentino Rossi Juara Dunia Moto2

Prima | Minggu, 29/10/2017 22:27 WIB
Franco Morbidelli Murid Valentino Rossi Juara Dunia Moto2 Franco Morbidelli (Foto: AFP/Mohd.Rasfan)

JAKARTA, (aksi.id) - Beberapa sebelum balapan kelas MotoGP dimulai, telah lahir seorang juara dunia baru di kelas Moto2, Franco Morbidelli. Morbidelli yang memperkuat tim Marc VDS itu bahkan dipastikan menjadi juara sebelum balapan dimulai. Pasalnya, pesaing terdekat yang juga sekaligus rekan setimnya, Thomas Luthi, dipastikan tidak turun berlaga lantaran mengalami kecelakaan pada kualifikasi. Dengan begitu, raihan 272 poin milik Morbidelli pun takkan mampu dikejar lagi oleh Luthi yang memiliki poin 243.

Walaupun memulai dari pole position, hanya mampu finis di urutan ketiga di belakang Miguel Oliviera dan Brad Binder. Meski begitu, itu tidak menghalangi perayaan yang dilakukan Morbidelli pada akhir balapan.

Keberhasilan Morbidelli menjadi juara dunia itu merupakan sebuah keberhasilan bersejarah. Pasalnya, semenjak kelas 250cc berganti menjadi Moto2, belum ada pebalap Italia yang mampu menjadi juara sebelum dirinya. Adapun, untuk kelas 250cc itu, pebalap Italia terakhir yang menjadi juara adalah almarhum Marco Simoncelli.

Tidak hanya itu, keberhasilan Morbidelli ini juga merupakan gelar juara dunia pertama yang diraih orang Italia di kelas mana pun sejak Valentino Rossi menjadi juara dunia MotoGP tahun 2009.

Franco Morbidelli lahir di Roma, 4 Desember 1994, dan tahun 2017 ini adalah tahun kelimanya berlaga di Moto2. Musim ini, dia berhasil mengemas delapan kemenangan plus tiga podium sebagai juara ketiga. Kemungkinan besar, alumnus akademi balap Valentino Rossi ini bakal naik kelas ke MotoGP pada musim depan.

Sementara itu, GP Malaysia 2017 ini ternyata juga diikuti seorang pebalap Indonesia bernama Dimas Ekky. Dimas sendiri merupakan pengganti Jorge Navarro di Federal Oil Gresini. Namun, dirinya gagal finis setelah ditabrak oleh Remy Gardner pada lap ketiga. (kumparan).