press enter to search

Sabtu, 17/11/2018 07:37 WIB

Banyak Yang Beli Iphone X dari Singapura, Bea Cukai Perketat Pemeriksaan di Bandara Soekarno-Hatta

Redaksi | Senin, 06/11/2017 23:02 WIB
Banyak Yang Beli Iphone X dari Singapura, Bea Cukai Perketat Pemeriksaan di Bandara Soekarno-Hatta

TANGERANG (aksi.id) - Petugas Bea Cukai di Bandara Soekarno Hatta dikabarkan memberlakukan pemeriksaan barang lebih ketat daripada biasanya. Hal ini menyusul ditemukan banyak warga Indonesia membeli iPhone Xdi Singapura.

Salah seorang sumber yang namanya dirahasiakan seperti dikutip detiknet mengatakan merasa proses pemeriksaan di sana beda daripada sebelumnya. Sekarang semua barang bawaan seperti tas jinjing dan koper diminta untuk diperiksa melalui X Ray.

iPhone X kini menjadi incaran petugas Bea Cukai. Pasalnya, ia termasuk ke dalam barang impor yang harganya melewati batas yang ditetapkan. Jika harganya melebihi, maka penumpang wajib membayar pajak yang terbilang sangat tinggi.

“Iya (iPhone X) itu termasuk, kalau selama melebihi, dia kena,” kata Robert Leonard Marbun, Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Ditjen Bea dan Cukai kepada detikFinance di Kantornya, benerapa waktu lalu.

Sebagaimana diketahui dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 188 Tahun 2010, penumpang individu hanya dibatasi membawa barang dengan harga $250. Sedangkan penumpang keluarga dibatasi $1.000.

Jika penumpang diketahui membawa iPhone X, maka dia wajib membayar pajak yang jumlahnya terbilang sangat tinggi. iPhone X sendiri dibanderol mulai SG$1648-SG$1.888 (Rp 16,3 juta-Rp 18,6 juta) untuk model dengan kapasitas storage 64GB dan 256GB. (mir).