press enter to search

Senin, 17/12/2018 00:18 WIB

DR Elly Adriani Sinaga: Naikkan Berlipat-lipat Tarif Tol Kendaraan Pribadi

Redaksi | Senin, 13/11/2017 10:55 WIB
DR Elly Adriani Sinaga: Naikkan Berlipat-lipat Tarif Tol Kendaraan Pribadi DR Elly A Sinaga

JAKARTA (aksi.id) - Kemacetan arus lalu lintas di jalan tol kawasan Jabodetabek, termasuk di Tol Cikampek, mengindikasikan bahwa road ratio rendah dan tingginya laju pertumbuhan kendaraan pribadi.

"Road ratio di Jakarta saja hanya enam persen. Road ratio ini merupakan perbandingan antara ruas jalan dengan luas wilayah," ungkap pakar transportasi dari Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi (STMT) Trisakti  Dr. Elly Adriani Sinaga, MSc, kepada Aksi.id, Senin (13/11/2017).

Sedangkan laju pertumbuhan kendaraan jauh di atas laju pertumbuhan jalan. "Pada sisi ini, seberapa pun ruas jalan dibangun akan tetap jauh tertinggal dari laju pertumbuhan kendaraan bermotor. Artinya kemacetan arus lalu lintas menjadi ancaman dengan potensi tinggi," ujar doktor di bidang transportasi dari Liege University Belgia itu.

Dengan fakta sepetti itu, penyandang gelar  M.Sc dari Imperial College, London, tersebut mengingatkan maka wajib ada kebijakan pembatasan operasional kendaraan pribadi di jalan tol.

Pembatasan dimaksud, dia menguraikan melalui banyak cara antara  lain berupa kenaikan menaikkan berlipat-lipat tarif tol.

"Dengan tarif sangat mahal ini maka orang akan berpikir untuk menggunakan kendaraan pribadi di jalan tol," jelas mantan Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek itu.

Linier dengan kebijakan tersebut, dia menuturkan maka dibangun pula lebih banyak transportasi massal. Dengan demikian, terjadi migrasi dari kendaraan pribadi ke angkutan umum. (awe).