press enter to search

Selasa, 01/12/2020 13:29 WIB

Tergusur KA Cepat Jakarta-Bandung, Warga: Kami Ikhlas

Redaksi | Senin, 13/11/2017 13:36 WIB
Tergusur KA Cepat Jakarta-Bandung, Warga: Kami Ikhlas Petugas berkumpul bersama warga

BEKASI (aksi.id) - Sejumlah warga di Kekurahan Pengasinan, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, menuturkan bersedia lahannya dibebaskan untuk kepentingan umum, termasuk untuk proyek KA Cepat Jakarta-Bandung.

"Kami harus sangat ikhlas dan taat kepada pemerintah, yang sedang bersemangat membangun infrastruktur. Hanya saja nanti nilai gantinya jangan ganti rugi tetapi ganti untung," ujar Agus, salah satu pemilik rumah.

Dengan ganti untung, dia menuturkan maka warga yang rumahnya tergusur, dapat memiliki rumah lain yang lebih baik baik dalam hal kuantitas maupun kualitas.

"Warga sudah tercerabut dari lingkungannya. Maka mereka harus mendapatkan kehidupan di tempat lain yang lebih baik. Dengan demikian, proyek infrastruktur menyejahterakan rakyat, termasuk warga yang tergusur," tuturnya.

Lahan di Kelurahan Pengasinan, Kecamatan  Rawalumbu, Kota Bekasi, Senin (13/11/2017),  mulai diukur untuk keperluan proyek KA Cepat Jakarta-Bandung.

Pengukuran di permukiman warga samping Tol Cikampek  itu dilakukan oleh Badan Pertanahan Kota Bekasi dengan didampingi oleh petugas sejumlah instansi, seperti dari kantor Kelurahan Pengasinan dan Kantor Kecamatan Rawalumbu.

Tampak pula dalam pengukuran tersebut Bhabinkamtibmas Kelurahan Pengasinan dan pengurus RT serta RW setempatm

Hasbi Hasbullah, petugas Badan Pertanahan Kota Bekasi, mengemukakan ada 63 bidang lahan yang diukur untuk pembebasan lahan, yang akan digunakan untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung.(dien).