press enter to search

Minggu, 05/04/2020 10:28 WIB

Rossi Celaka Lagi, Motornya Remuk

Redaksi | Rabu, 15/11/2017 12:10 WIB
Rossi Celaka Lagi, Motornya Remuk

VALENCIA (aksi.id) - Valentino Rossi mengalami kecelakaan dalam sesi tes MotoGP di Valencia, Spanyol, Selasa (14/11) waktu setempat, yang menyebabkan motor YZR-M1 bersasis tahun 2016 hancur lebur.

The Doctor terjatuh di tikungan ke-10 Sirkuit Ricardo Tormo ketika baru menjalani lap kedua. Kendati motornya mengalami kerusakan parah, pebalap yang menghuni peringkat ke-10 pada klasemen MotoGP 2017 tidak mengalami cedera serius.

"Di tikungan ke-10 mungkin ban masih dingin. Saya baru berada dua setengah lap di lintasan saya mencoba maksimal, saya tidak tahu bila saya berada di luar garis atau [ban] dingin, saya tidak tahu," ujar Rossi ketika ditanya mengenai penyebab kecelakaannya.

Valentino Rossi berharap tim mekanik bisa segera memperbaiki motor bermesin baru yang akan digunakan musim depan.
Valentino Rossi berharap tim mekanik bisa segera memperbaiki motor bermesin baru yang akan digunakan pada MotoGP 2018. (CNN Indonesia/Putra Permata Tegar Idaman)

Rossi berharap dapat segera kembali ke lintasan untuk menguji mesin baru yang akan digunakan pada musim depan.


"Prioritas utama adalah mesin, ini adalah prototipe mesin 2018, tapi sayangnya saya terjatuh di lap kedua," jelas Rossi.

"Saya harap mereka dapat memperbaiki dan kami dapat menggunakan mesin yang sama besok, sehingga saya bisa mengetahui," sambungnya.

Setelah terjatuh, Rossi melanjutkan tes dengan spesifikasi motor yang lama dan menyelesaikan 64 putaran serta mencatat waktu terbaik keempat. 

Direktur tim Movistar Yamaha, Massimo Meregalli, menganggap Valentino Rossi mengalami kecelakaan dalam sesi tes MotoGP di Valencia, Spanyol, Selasa (14/11) waktu setempat, yang menyebabkan motor YZR-M1 bersasis tahun 2016 hancur lebur.

The Doctor terjatuh di tikungan ke-10 Sirkuit Ricardo Tormo ketika baru menjalani lap kedua. Kendati motornya mengalami kerusakan parah, pebalap yang menghuni peringkat ke-10 pada klasemen MotoGP 2017 tidak mengalami cedera serius.

Rossi mengalami kecelakaan hebat di tikungan sepuluh Sirkuit Ricardo Tormo saat sesi kedua tes berjalan kurang dari dua jam. Motor YZR-M1 yang ditunggangi Rossi terlihat hancur, dengan bagian jok terlepas dari motor.

Dalam video yang diperlihatkan BT Sport, Rossi sempat terdiam sejenak usai mengalami kecelakaan hebat dan mengangkat kedua tangannya. Beruntung bagi Rossi, pebalap yang dijuluki The Doctor itu tidak mengalami cedera meski pakaian balap yang digunakannya terlihat sobek di bagian paha kanan.


Meregalli mengatakan Rossi beruntung terhindar dari cedera serius. Pihak Yamaha sempat khawatir dengan kondisi Rossi setelah melihat motor M1 yang hancur. Terlebih Rossi baru pulih dari cedera patah kaki.

“Rossi mengalami kecelakaan hebat. Kami sangat senang bisa melihat dia melalui kecelakaan hebat itu tanpa cedera dan dia bisa melanjutkan tes,” ujar Meregalli dikutip dari situs resmi Yamaha.

Valentino Rossi terhindar dari cedera serius.
Valentino Rossi terhindar dari cedera serius. (CNN Indonesia/Putra Permata Tegar Idaman)

Yamaha meraih hasil tes yang cukup positif di Sirkuit Ricardo Tormo pada hari pertama. Rossi berada di posisi keempat, sementara rekan setimnya, Maverick Vinales, menjadi pebalap tercepat.

Vinales menjadi yang tercepat dengan catatan waktu terbaik 1 menit 30,519 detik. Sedangkan Rossi berada di posisi keempat dengan terpaut 0,330 detik dari Vinales.

“Di hari pertama kami mampu mengumpulkan banyak data dan akan terus membandingkan sasis yang berbeda pada tes hari kedua. Hasil ini sangat positif bagi tim dan pebalap, terutama setelah akhir yang sulit di musim 2017,” ucap Meregalli.

Rossi dan Vinales akan kembali menjalani tes di Sirkuit Ricardo Tormo hari ini, Rabu (15/11), sebelum memasuki masa libur. (har)