press enter to search

Jum'at, 14/12/2018 00:26 WIB

Arus Logistik ke Amerika Tumbuh 200 Persen, Tapi Pengurusan Dokumen di Pelabuhan Tanjung Priok Lemot

Redaksi | Rabu, 15/11/2017 12:24 WIB
Arus Logistik ke Amerika Tumbuh 200 Persen, Tapi Pengurusan Dokumen di Pelabuhan Tanjung Priok Lemot Kegiatan bongkar muat di dermaga JICT

JAKARTA (aksi.id) - Perusahaan pelayaran asal Prancis, Compagnie Maritime d`Affretement - Compagnie Generali Maritime (CMA-CGM) mengeluhkan lambatnya proses pengurusan dokumen di Pelabuhan Tanjung Priok.

Presiden Direktur CMA-CGM Indonesia Farid Belbouab menuturkan, saat ini pengiriman kargo ke Amerika Serikat dari Tanjung Priok tumbuh 200%. Namun, pihaknya menilai proses pengurusan dokumen di Tanjung Priok, khususnya dari kapal utama (mother vessel) ke kapal kecil (feeder) terlalu lama.

"Terlalu lama proses dari dan ke mother vessel dari feeder. Contohnya barang dari Makassar bisa sampai 1,5 hari karena terlalu banyak dokumen yang diurus," katanya di Jakarta, Selasa (14/11/2017).

Dia berharap pemerintah Indonesia bisa segera membenahi regulasi dan prosedur costume agar proses pengurusan dokumen bisa lebih cepat.

CMA-CGM merupakan perusahaan angkutan peti kemas terbesar ketiga di dunia.

CMA-CGM dan PT Jakarta International Container Terminal (JICT) bekerja sama membuka layanan baru, yakni dengan nama Java South East Asia Express Services/ Java SEA Express Services/ JAX Services, sepekan sekali dengan kapal berukuran sekitar 8.500 TEUs, sepekan sekali.

Pada April lalu Kapal CMA-CGM Otello mulai berlayar dari terminal JICT ke West Coast (Los Angeles & Oakland) Amerika Serikat selama 23 hari.

Direct US Service ini adalah bagian dari service Ocean Alliance yang anggotanya adalah CMA CGM, COSCO, OOCL dan Evergreen, dalam servis ini semua kapal di-deploy oleh CMA-CGM.

CMA-CGM telah menyiapkan 17 kapal raksasa berkapasitas masing-masing pada kisaran 8.500 TEUs untuk melayari Jakarta - Los Angeles.

Ke depan dijanjikan akan mendatangkan kapal lebih besar lagi apabila tingkat keterisian semakin besar. (wilam/sumber: bisnis.com).