press enter to search

Rabu, 20/06/2018 14:05 WIB

Presiden Perintahkan TNI, Polri & BIN Total Kendalikan Stabilitas Negara di Tahun Politik

Redaksi | Senin, 05/03/2018 17:37 WIB
Presiden Perintahkan TNI, Polri & BIN Total Kendalikan Stabilitas Negara di Tahun Politik

JAKARTA (aksi.id) - Presiden Joko Widodo memberi instruksi kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Budi Gunawan.

Jokowi memerintahkan petinggi ketiga lembaga keamanan itu berkoordinasi menjaga stabilitas negara dalam tahun politik, 2018 dan 2019.

"Sehingga tahun ini stabilitas politik dan tahun depan stabilitas keamanan betul-betul total bisa dikendalikan," ucap Jokowi saat membuka sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (5/3).

Sebelum menginstruksikan, mantan Wali Kota Solo ini sempat mencari-cari Hadi, Tito, dan Budi Gunawan yang hadir dalam rapat tersebut. Ketiganya duduk sejajar di seberang kiri Presiden.

Mereka pun langsung menengadah melihat Jokowi, mendengarkan, sambil menulis poin-poin instruksi dari Jokowi.

Jokowi mengamanatkan mereka harus bekerja cepat termasuk ketika mendeteksi hal-hal yang akan mengganggu keamanan negara. 

Tahun ini, Pilkada serentak akan kembali diselenggarakan. Pesta demokrasi ini digelar di 171 daerah, baik provinsi, kabupaten, dan kota.

Di tahun yang sama, Komisi Pemilihan Umum juga akan mulai membuka pencalonan presiden dan wakil presiden pada 4 Agustus. KPU akan menetapkan mereka yang mendaftar pada September. 

Sementara itu, pemilihan Pilpres akan diselenggarakan serentak dengan Pileg pada April 2019 mendatang.