press enter to search

Senin, 21/05/2018 23:40 WIB

Airport Council International Nobatkan Bandara Husein Termasuk Terbaik Sejagat Tahun 2017

Redaksi | Rabu, 07/03/2018 19:23 WIB
Airport Council International Nobatkan Bandara Husein Termasuk Terbaik Sejagat Tahun 2017 Bandara Husein Sastranegara

JAKARTA (aksi.id) - Airport Council International(ACI) menganugerahkan Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, sebagai bandara ketiga terbaik sejagat.

Aksi.id dan BeritaTrans.com, Rabu (7/3/2018), melihat penobatan itu diumumkan ACI melalui situs aci.aero. Lembaga itu merupakan satu-satunya perwakilan dagang global bandar udara di dunia. 

Di situs itu disebutkan Bandara Husein Sastranegara Airport berhak mendapatkan Airport Service Quality (ASQ) Award  dengan katagori 2-5 juta penumpang tahun 2017.

 Bandara Husein Sastranegara berada pada posisi setelah Lucknow Airport dan Guayaquil Airport. 

Aksi.id dan BeritaTrans.com mencatat ASQ merupakan satu-satunya program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara yang dilakukan oleh ACI, sebuah organisasi kebandarudaraan terkemuka di dunia yang berbasis di Montreal, Kanada.

ASQ Award ini merupakan hasil survei yang dilakukan ACI terhadap  penumpang di bandara dalam 41 bahasa di 84 negara sepanjang tahun 2017.

Survei ini mengukur pandangan penumpang terhadap 34 indikator kinerja utama, antara lain akses bandara, check-insecurity screening, toilet, serta toko dan restoran di bandara. Survei ini dilakukan sama persis di setiap bandara, sehingga memungkinkan setiap bandara membandingkan dirinya dengan bandara lain di seluruh dunia dan bagaimana best practice para operator bandara kelas dunia.

ISO 9001:2015

Sebelumnya Bandara Internasional Husein Sastranegara berhasil meraih sertifikat internasional terkait manajemen mutu ISO 9001:2015 dari British Standard Institution, untuk fungsi pelayanan pada Customer Service dan Terminal Inspection Services. Penghargaan serupa juga diterima dua bandara lain yang juga di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura II (Persero) yakni Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang dan Kualanamu di Deli Serdang.

“Keberhasilan Bandara Soekarno-Hatta, Husein Sastranegara dan Kualanamu meraih ISO 9001:2015 merupakan wujud dari komitmen kami menghadirkan pelayanan di bandara sesuai standar internasional. Langkah mendapatkan ISO 9001:2015 ini juga merupakan salah satu upaya kami untuk selalu menghadirkan kepuasaan bagi para pelanggan dalam hal ini adalah penumpang pesawat dan pengunjung bandara secara berkelanjutan,"  kata President Director PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin, di kantornya, Cengkareng, Tangerang, Banten, Jumat 11 Agustus 2017.

Sertifikat ISO 9001:2015 tersebut diserahkan British Standard Institution, lembaga nonprofit yang berdiri sejak 1901. Salah satu bidang yang menjadi perhatian lembaga tersebut adalah terkait standardisasi, system assessment, sertifikasi produk, pelatihan, dan jasa konsultansi.

Diraihnya sertifikat internasional terkait manajemen mutu ini juga merupakan satu keistimewaan karena diberikan oleh British Standards Institution menjelang hari jadi Angkasa Pura II  ke-33 tahun pada 13 Agustus mendatang. "Seiring dengan momentum ini, kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan berstandar internasional  di seluruh bandara AP II sekarang dan di tahun-tahun mendatang,” ujar Awaluddin.

Dia menjelaskan, sebelum meraih sertifikat ISO 9001:2015 dilakukan tahapan-tahapan sebelumnya yakni GAP Analysis, Audit Internal, lalu Stage 1 Assessment dan Stage 2 Assessment. Secara umum, penilaian yang dilakukan dalam tahapan-tahapan tersebut mencakup administrasi atau dokumen-dokumen, proses bisnis, serta penerapan di lapangan.

“Diraihnya sertifikat ini juga merupakan wujud dari komitmen AP II dalam melakukan pengembangan bandara nonfisik, di samping saat ini kami juga tengah melakukan pembangunan infrastruktur secara masif khususnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta,” papar Awaluddin. (dien).