press enter to search

Senin, 25/06/2018 07:09 WIB

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Izinkan Mahasiswi Bercadar

Redaksi | Jum'at, 09/03/2018 19:09 WIB
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Izinkan Mahasiswi Bercadar Muslimah bercadar

MEDAN (aksi.id) - Rektorat Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara memutuskan tidak meniru kebijakan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan UIN Sunan Ampel Surabaya, yang melarang mahasiswinya menggunakan cadar saat melaksanakan aktivitas belajar mengajar di kampus.

Keputusan itu diambil setelah pihak rektorat UIN Sumatera Utara menggelar rapat pimpinan universitas. "‎Hasil rapatnya menyebutkan tidak ada larangan kepada mahasiswi bercadar untuk terus berkuliah di UIN Sumut," ujar Humas UIN Sumut, Yuni Salma, Jumat (9/3/2018).

Yuni menjelaskan, pertimbangan yang digunakan dalam pengambilan keputusan itu adalah bahwa selama ini tidak ada masalah yang muncul atas penggunaan cadar oleh para mahasiswi mereka. Tidak ada mahasiswi yang mengikuti ideologi radikal, fundamental maupun sejenisnya.

“Di Undang-Undang Dasar 1945 diberikan kebebasan untuk menjalankan agama sesuai dengan kepercayaan. Selain itu, tidak ada aturan dari pemerintah yang melarang penggunaan cadar. Sehingga selagi tidak ada aturan yang dilanggar dan tidak ada masalah yang muncul, maka tidak perlu dilarang,” tukasnya.

Yuni mengatakan mahasiswi menggunakan cadar adalah orang-orang berpendidikan dan bisa‎ menilai dan mengerti baik terhadap sesuatu.

"Intinya UIN Sumut tidak regulasi mengatur, tidak melarang mahasiswi kita untuk bercadar dan kondisi seperti biasa," ucap Yuni.