press enter to search

Sabtu, 22/09/2018 19:57 WIB

Netizen Bingung Soal Batasan Daya Power Bank yang Boleh Dibawa ke Kabin Pesawat

Redaksi | Jum'at, 09/03/2018 22:45 WIB
Netizen Bingung Soal Batasan Daya Power Bank yang Boleh Dibawa ke Kabin Pesawat

JAKARTA (aksi.id) - Pengguna perangkat mobilemerasa bingung dengan aturan baterai cas mobile atau power bank dalam penerbangan pesawat. 

Belum lama ini Operator Bandara Soekarno Hatta, PT Angkasa Pura II (Persero), mengeluarkan maklumat, sesuai dengan aturan dari Asosiasi Maskapai Internasional atau International Air Transport Association (IATA), power bank yang boleh dibawa dalam bagasi kabin adalah power bankberkapasitas di bawah 100 Wh (watt-hour). 

Power bank dengan kapasitas di atas 100 Wh dan di bawah 160 Wh, perlu persetujuan maskapai untuk dibawa ke bagasi kabin.

Pengumuman itu mendapat tanggapan dari pengguna Twitter. Sebab ketentuan kapasitas power bank pada umumnya yang ada di Indonesia menggunakan satuan miliampere-hour (mAh). Pengguna Twitter merespons dan menanyakan untuk batasan Wh tersebut bila dikonversikan menjadi mAh, bagaimana caranya. 

Dikutip dari laman TP-Link, Jumat 9 Maret 2018, satuan Wh dan mAh merupakan hal yang berbeda. Ampere-hour (Ah) merupakan ukuran pengecasan listrik yang mewakili kapasitas baterai, sedangkan Watt-hour (Wh) merupakan ukuran energi listrik.

Keyword Power Bank