press enter to search

Jum'at, 19/04/2024 17:48 WIB

SOP Penyelenggaraan Kegiatan di Indonesia Segera Diatur

Redaksi | Senin, 19/03/2018 20:03 WIB
SOP Penyelenggaraan Kegiatan di Indonesia Segera Diatur Menpar Arief Yahya memukul gong di pembukaan Workshop di Jakarta, Senin (19/3/2018) foto: ist

JAKARTA (aksi.id) - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya minta, pedoman atau Standar Operation Procedure (SOP) penyelenggaraan kegiatan di Indonesia segera dibuat, agar lebih berkualitas dan sesuai standar nasional sehingga target cultural values dan commercial values dari events tersebut dapat tercapai.

“Dalam membuat SOP ini kita bisa mengambil pengalaman dari penyelenggaraan 100 Calender of Event (CoE) 2018,” jelas Menpar Arief Yahya usai membuka Workshop/Coaching Penyelenggaraan CoE 2018 di Jakarta, Senin (19/3/2018).

Penetapkan 100 CoE 2018 ini dikurasi oleh tim kurator dengan standar nasional, sedangkan dalam menetapkan nilai budaya dan nilai ekonomi komersialnya (commercial values) belum ada pedoman dan perlu segera dibuat SOP dan petunjuk pelaksanaan teknis (Juknis) nya.

“Target dari penyelenggaraan workshop/coaching hari ini adalah agar segera mempunyai SOP atau pedoman teknis penyelenggaraan event di Indonesia dengan memanfaatkan momentum 100 CoE 2018,” kata Arief.

Untuk nilai budaya diakuinya, kita belum punya data dan sebagai tahap awal perlu dilakukan survei ke beberapa daerah seperti Bali dan Banyuwangi yang mempunyai nilai indeks kebahagiaan tingkat nasional tinggi.

“Kita gunakan pedoman pariwisata ‘Semakin dilestarikan, semakin mensejahterakan’ baik dalam melestarikan alam dan budaya,” katanya.

Sementara itu ahli pemasaran dari MarkPlus Jacky Murrsy menggarisbawahi bahwa kurator event terdiri dari produser dan director yang keduanya mempunyai tujuan sama agar target penyelenggaraan event tercapai.

Produser mengurusi dari sisi komersialnya, sedangkan director fokus pada kualitas penyelenggaraan yang target akhirnya adalah return berapa hasil komersial yang diperoleh.

"Return dari event itu bisa juga berupa seberapa besar kepuasan para pengunjung. Ini penting dievaluasi untuk menentukan strategi penyelenggaraan event ke depan,” ungkap Jacky. (omy)

Keyword

Artikel Terkait :

-