press enter to search

Jum'at, 20/04/2018 00:38 WIB

Waskita Karya: Uji Coba LRT Palembang Pertengahan April 2018

| Rabu, 28/03/2018 22:24 WIB
Waskita Karya: Uji Coba LRT Palembang Pertengahan April 2018 Waskita Karya selaku kontraktor pelaksana pembangunan kereta api ringan (light rail transit/LRT) Palembang akan uji coba pada pertengahan April.2018. (EVAN ZUMARLI/SUMATERA EKSPRES/Jawa Pos Group)

JAKARTA (aksi.id) - Manajemen PT Waskita Karya selaku kontraktor pelaksana pembangunan kereta api ringan (light rail transit/LRT) di Kota Palembang, Sumatera Selatan, memastikan uji coba tahap pertama kereta tersebut pada pertengahan April 2018.

"Sebenarnya uji coba perdana tersebut mengalami kemunduran jadwal, karena kereta yang didatangkan dari PT Inka Madiun baru dikirim pada akhir Maret 2018," kata Kepala Proyek LRT Palembang Mashudi Jauhari di Palembang, Rabu (28/3/2018).

Sarana gerbong kereta ini pun diperkirakan baru tiba di Dermaga Boom Baru Palembang selama 10 hari perjalanan. Kemungkinan besar uji coba perdana tersebut baru bisa dilaksanakan dua sampai tiga hari ke depan setelah kereta tiba di Palembang, mengingat perlu kesiapan sarana penunjang lain dalam uji coba tersebut.

Untuk uji coba tahapan pertama ini dua kereta yang terdiri dari enam gerbong kereta. Uji coba ini akan dilakukan di zona lima Palembang yaitu mulai dari Stasiun Opi hingga stasiun akhir Jakabaring.

Pengerjaan LRT Palembang yang dibiayai pemerintah pusat lebih kurang senilai Rp60 triliun ini juga dipastikan akan rampung pada Juni 2018 sepanjang 23,4 kilometer dan lebar rel 1067 Mm, serta "Third Rail Electricity 750 vdc". LRT ini adalah yang pertama beroperasi di Indonesia.

Jalur LRT menghubungkan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II hingga kawasan Jakabaring Sport City ini dibangun selain untuk transportasi massal juga sebagai sarana penunjang fasilitas perhelatan Asian Games 2018 di Kota Palembang pada Agustus 2018. Demikian okezone (jasmin).