press enter to search

Sabtu, 22/09/2018 09:06 WIB

Minum Kopi 3 Cangkir Sehari Ternyata Bikin Jantung Sehat

| Senin, 02/04/2018 02:52 WIB
Minum Kopi 3 Cangkir Sehari Ternyata Bikin Jantung Sehat

JAKARTA (aksi.id) - Minum kopi tiga cangkir sehari dapat menyehatkan jantung. Demikian hasil penelitian.

Penelitian itu dilakukan oleh ilmuwan di Universitas Sao Paulo, Brazil yang mengambil informasi terkait asupan dan Coronary Artery Calcium (CAC) atau kalsium di arteri koroner Anda.

Mereka melibatkan 4.400 peserta penelitian yang hampir semuanya adalah peminum kopi. Dalam penelitian itu, periset meminta untuk membatasi asupan kopi hingga tiga cangkir sehari. Alasannya, jika berlebihan asupan kopi bisa berbahaya.

Hasilnya, mereka yang minum kopi dalam jumlah tersebut memiliki tingkat CAC lebih rendah dalam arteri mereka. Artinya, endapan kalsium dalam arteri membuat alirah darah cenderung lebih baik.

"Penelitian lain menunjukkan,  konsumsi minum kopi yang berlebihan mungkin tak membawa kesehatan. Bahkan, dalam penelitian ini kami menemukan kebiasaan mengonsumsi lebih dari tiga cangkir kopi per hari menurunkan kemungkinan kalsifikasi koroner,"  kata Andreia Miranda sekalu penulis riset, seperti dilansir dari Telegraph, Minggu (1/4/2018).

Kalsifikasi koroner sendiri, menurut Indonesian Community of Functional and Advancement of Medicine (ICFAM) adalah tanda awal kemungkinan terjadinya penyakit jantung koroner (PJK).

Meski penelitian tersebut telah diterbitkan di Journal of American Heart Association, namun belum diketahui alasan mengapa kopi bisa menyehatkan bagi jantung. Para ilmuwan sendiri percaya bahwa senyawa antioksidan pada tanaman kopi adalah salah satu faktor di balik manfaat kesehatan kopi.

Tetapi di balik manfaatnya bagi kesehatan, terlalu banyak minum kopi juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Mulai dari masalah kesehatan ringan seperti magh, gangguan kecemasan, keguguran bagi perempuan hamil, cacat lahir, hingga gagal jantung.

Keyword Minum Kopi

Artikel Terkait :

-