press enter to search

Senin, 17/12/2018 18:05 WIB

Di Hari Kerja, Pak RT Edi Sikumbang Gelorakan Aksi Bersih Sampah

| Senin, 09/04/2018 09:33 WIB
Di Hari Kerja, Pak RT Edi Sikumbang Gelorakan Aksi Bersih Sampah Edi Sikumbang pimpin aksi bersih sampah di RT 01/14, Kompleks Pondok Hijau Permai, Kelurahan Pengasinan, Kota Bekasi. Foto: aksi.id

BEKASI (aksi.id) - Namanya Edi Sikumbang. Dari namanya, memang ketara dia orang Minang. 

Senin (9/4/2018) pagi, dia bersama pengurus RT lainnya tampak bersama sejumlah warga membersihkan lingkungan, terutama selokan di RT 01/14, Kompleks Pondok Hijau Permai, Kelurahan Pengasinan, Kota Bekasi.

Dia terjun mengangkut sampah, yang mentumbat aliran air. Sampah lalu diletakkan ke gerobak. Peluh membasahi wajah dan bajunya.

"Mestinya memang hari minggu. Tetapi karena kami menggunakan juga jasa petugas kebersihan dan petugas itu bisanya Senin, makanya hari ini kerja baktinya," tutur pemilik Rumah Makan Ica Minang itu.

Dia mengutarakan kerja bakti itu digelar setelah dirinya pergi berbelanja ke Pasar Baru Bekasi untuk kebutuhan kuliner di restorannya. "Saya ikut bersihkan ikan dan daging. Setelah selesai, baru kerja bakti," tuturnya sambil tersenyum.

Mantan pedagang di Pasar Rawabening, Jatinegara, Jakarta Timur, itu bercerita sampah amat mudah menumpuk karena ada dua saluran besar dari lingkungan di sekitar kompleks yang airnya masuk ke RT tersebut.

"Kalau hujan, air membawa segala sampah, termasuk potongan kasur, pembalut hingga pakaian. Di tempat kami ini memang drainase menjadi persoalan besar. Pemkot Bekasi belum juga memecahkan persoalan ini," cetusnya.

Begitu selokan dibersihkan, aliran air langsung lancar. Karya Edi Sikumbang ini memang mulia. (awe).