press enter to search

Rabu, 23/05/2018 06:26 WIB

Rampok Ikan di Natuna, 4 Kapal Vietnam Ditangkap

| Selasa, 10/04/2018 18:46 WIB
Rampok Ikan di Natuna, 4 Kapal Vietnam Ditangkap Ilustrasi kapal yang terlibat illegal fishing

NATUNA (aksi.id) - Kapal TNI AL, KRI Abdul Halim Perdanakusuma-355,  berhasil menangkap empat unit kapal ikan asal Vietnam di perairan zona ekonomi eksklusif Indonesia (ZEEI) di kawasan Laut Natuna.

Penangkapan yang dilakukan KRI yang tergabung dalam Operasi Laga Sagara-18 (Siaga Tempur Laut-18) itu bermula saat melakukan patroli di perairan Natuna dan melihat empat kapal ikan sedang melakukan penangkapan dan pengangkutan.

Panglima Armada Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Yudo Margono menyatakan, berdasarkan pemeriksaan terhadap kelengkapan dokumen diketahui kapal tersebut berbendera Vietnam, yakni TG 91199 TS, BV 5225 TS, BV 5368 TS, dan BV 5367 TS.

Empat kapal tersebut tidak memiliki dokumen penting, yaitu surat izin penangkapan ikan (SIPI), surat izin kapal pengangkut ikan (SIKPI), dan keduanya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari surat izin usaha perikanan (SIUP).

“Sehingga kapal-kapal tersebut melanggar Undang-Undang RI Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perikanan,” kata Pangarmabar. Selanjutnya empat kapal tersebut digiring oleh tim Kawal KRI AHP-355 menuju Pos TNI AL Sabangmawang Lanal Ranai.

Komandan Gugus Tempur Laut Koarmabar (Dangus purlabar) Laksmana Pertama TNI Irvan syah menjelaskan, pihaknya masih tetap fokus dalam pengamanan perairan di seluruh wilayah barat di antaranya Selat Malaka, Laut Natuna Utara, dan Selat Sunda.

(moy/sumber: okezone.com).