press enter to search

Senin, 17/12/2018 00:02 WIB

Cris Kuntadi Pelopori Budaya Bike to Work di Kemhub

Redaksi | Rabu, 11/04/2018 16:45 WIB
Cris Kuntadi Pelopori Budaya Bike to Work di Kemhub Dr. Cris Kuntadi, Ak, MM Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Angkutan Multimoda dan Keselamatan

IMG-20180411-WA0011

JAKARTA (Aksi.id) – Dr. Cris Kuntadi, Ak, MM Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Angkutan Multimoda dan Keselamatan, mempelopori ke kantor dengan naik sepeda “Bike to Work” khususnya di lingkungan Kementerian Perhubungan (Kemhub). Cris bukan tipe orang yang hanya menyuruh orang atau anggotanya tapi sudah memberikan contoh naik sepada ke kantor.

Tapi, alumni STAN Jakarta itu sudah mempraktekkan dan memberi contoh naik sepeda ke kantor. “Sepeda merupakan alat transportasi yang baik, murah dan ramah lingkungan. Dengan naik sepeda ke kantor, otomatis akan mengurangi laju polusi udara khususnya di Kota Jakarta,” kata Cris menjawab BeritaTrans.com di Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Jika tak ada tugas penting atau lawatan ke luar kota Jakarta, Cris mengaku lebih suka ke kantor di Jalan Medan Merdeka Barat No.8 Jakarta Pusat ddengan naik sepeda kesayangannya. “Naik sepeda murah dan membuat badan kita sehat. Apalagi, jarak antara rumah dengan Silang Monas tak begitu jauh dan bisa dijangkau dengan sepeda,” kata dia.

Kecintaan Cris pada sepeda bukan hanya sesaat. Bersepeda, bagi pria kelahran Cilacap, Jawa Tengah ini sudah menjadi kebutuhan bukan sekedar gaya hidup. Ketangguhan dia mengayuh pedal sepeda dibuktikan di berbagai daerah selain di jalan kota Jakarta.

IMG-20180411-WA0013

Saat tugas ke luar kota, bahkan sampai Bali dan Kalimantan Utara Cris sempat membawa sepeda dan pada pagi harinya “ngowes” di jalan-jalan kota tersebut. “Tahun 2017 lalu, bersama-sama teman seangkatan di Lemhannas ngowes bareng kolega dengan mengambil rute Magelang-Yogyakarta,” aku Cris yang juga dosen terbang di berbagai perguruan tinggi itu.

Di tengah kemacetan lalu lintas di berbagai kota, harga BBM yang kembali merangkak naik serta tingkat polusi udara di Tanah Air, maka penggunaan kendaraan bermotor termasuk ke tempat kerja harus dikurangi. “Salah satunya dengan naik sepeda, selain menggunakan jasa angkutan umum yang ada,” papar Cris.

IMG-20180411-WA0020

Bentuk Komunitas Nggowes

Untuk menyalurkan hobby bersepeda serta mewadahi sesama pengguna dan pencipta gowes, Cris Kuntadi bersama karyawan Kemhub lainnya membantuk komunitas sepeda.

Pada waktu-waktu tertentu, seperti event sepeda santai, car free day, fun bike dan lainnya Cris bersama teman-teman penggemar sepeda mengisi waktu dengan nggowes bersama.

“Selain bisa copy darat, temu kangen sekaligus menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Kita sesama anggota komunitas bertemu dan nggowes bersama sesuai tempat dan lokasi yang disepakati bersama,” kilah Cris.

Untuk mlakukan kerja besar dan berdampak luas, tambah Cris, tak harus dimulai dengan hal-hal spektakuler dan berbiaya mahal.

“Melalui event nggowes dan membiasakan bersepeda ke kantor diharapkan bisa mempengaruhi orang lain. Bersepada harus menjadi gaya hodup sehat dan transportasi andalan dimasa mendatang,” tegas Cris Kuntadi.(helmi)