press enter to search

Senin, 17/12/2018 00:02 WIB

Angkut 436 Turis, Kapal MV Seabourn Sojourn Singgah di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon

| Jum'at, 13/04/2018 16:03 WIB
Angkut 436 Turis, Kapal MV Seabourn Sojourn Singgah di  Pelabuhan Yos Sudarso Ambon

AMBON (aksi.id) - Kapal pesiar "MV Seabourn Sojourn" yang membawa 436 penumpang, menyinggahi Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, Maluku, Jumat.

Kapal pesiar berbendera Bahamas itu tiba di Pelabuhan Ambon pukul 06.45 WIT setelah melakukan perjalanan dari Pulau Banda Kabupaten Maluku Tengah.

Kedatangan kapal pesiar dengan bobot 32,35 GT, panjang kapal 198 meter, lebar 6,40 meter, serta memiliki tinggi 25,50 meter itu, disambut Sekretaris Kota Ambon Anthony Gustaf Latuheru bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Ambon.

Setelah tiba di Pelabuhan Ambon, Kapten Kapal MV Seabourn Sojourn Timothy Roberts, bersama para wisatawan yang berasal dari berbagai negara tersebut disambut tarian lenso dan musik totobuang. Kapal pesiar itu singgah di Pelabuhan Yos Sudarso selama kurang lebih 10 jam.

Sekretaris Kota Ambon Anthony Latuheru menyatakan kapal pesiar Seabourn Sojourn sebelumnya telah mengunjungi Kota Ambon pada bulan Maret 2014.

"Kapal pesiar ini sudah pernah singgah di Ambon pada tahun 2014, dan tahun 2018 kembali datang sebagai bentuk kepercayaan dan peningkatan sektor pariwisata," katanya.

Ia mengakui kehadiran kapal pesiar berdampak pada peningkatan pendapatan daerah terutama kesejahteraan masyarakat di Kota Ambon.

"Walaupun Ambon belum ditetapkan sebagai kota wisata, tetapi kita terus berbenah agar pada tahun 2020 Ambon dapat ditetapkan sebagai kota wisata," katanya.

Kapten Kapal Seabourn Sojourn Timothy Roberts mengatakan senang bisa membawa penumpang kapal itu ke Kota Ambon.

"Saya senang bisa membawa para tamu untuk mengunjungi Ambon, saya berharap ini bukan kunjungan yang terakhir karena saya ingin kembali lagi ke kota ini," ujarnya.

Setelah upacara penyambutan, para wisatawan memilih untuk mengelilingi Kota Ambon dengan berjalan kaki maupun menaiki kendaraan becak maupun angkutan umum yang tersedia di Pelabuhan Yos Sudarso. (antara).