press enter to search

Sabtu, 22/09/2018 08:03 WIB

Tembok Sarang Burung Walet di Gegesik Cirebon Ambruk, 7 Siswa SMP Tewas & 3 Kritis

| Senin, 16/04/2018 16:08 WIB
Tembok Sarang Burung Walet di Gegesik Cirebon Ambruk, 7 Siswa SMP Tewas & 3 Kritis Petugas Kepolisian dan TNI bersama warga terus berusaha mencari seorang siswa yang tertimbun bangunan sanggar seni di Desa Gegesik Wetan, Kecamatan Gegesik, Cirebon, Jawa Barat, Senin siang (16/4/2018). Foto iNews TV/Toiskandar

CIREBON (aksi.id) - Sarang burung walet berukuran besar runtuh menimpa sanggar seni Hidayajati Pewayangan, Gegesik, Cirebon, sekitar pukul 11.00 WIB, mengakibatkan tujuh orang tewas. 

Korban tewas adalah orang-orang yang berada di sanggar seni nahas tersebut, termasuk seorang dalang bersama anaknya dan lima murid dari SMPN 1 Gegesik yang sedang menggelar kegiatan.

"Totalnya ada sekitar 18 orang di dalam sanggar, pas kejadian ada 11 orang, menyebabkan 7 orang meninggal termasuk dalang Herman Basari dan anaknya," kata Pelaksana tugas (Plt) Bupati Cirebon Selly Gantina saat diwawancara CNN Indonesia TV, Senin (16/4).

Iful Aska, seorang saksi mata mengatakan saat peristiwa terjadi banyak orang lalu lalang di bawah sarang burung walet.

"Tahu-tahu sudah jatuh. Saat itu kondisi sedang lalu lalang masyarakat," ujar Iful.

Selain tujuh korban tewas, Selly menyatakan dalam insiden itu terdapat 10 orang yang tertimbun reruntuhan dan tiga orang mengalami kritis.

Seluruh korban tewas sudah dievakuasi oleh aparat kepolisian dan masyarakat yang datang membantu. Namun untuk korban tertimbun reruntuhan masih ada satu orang yang dalam proses evakuasi. 

"Tiga yang terluka dalam kondisi kritis, satu orang kami rujuk ke Rumah Sakit Gunung Jati yang lebih besar," ujar Selly.

Iful menduga sarang burung walet runtuh karena sudah beusia cukup lama. "Mungkin dari perawatan kurang. Jadi terlihat rapuh," katanya.

Sementara Selly menyebut dalam waktu dekat pihaknya akan merobohkan sarang burung walet itu untuk mencegah bagian lain mengalami keruntuhan.

(lay/sumber: cnnindonesia.com).