press enter to search

Minggu, 25/10/2020 20:19 WIB

China Development Bank Cairkan Rp2,28 Triliun Dana Tahap I Proyek KA Cepat Jakarta-Bandung

Ahmad Bashori | Rabu, 02/05/2018 08:11 WIB
China Development Bank Cairkan Rp2,28 Triliun Dana Tahap I Proyek KA Cepat Jakarta-Bandung

JAKARTA (aksi.id) - Pinjaman dana dari China Development Bank (CDB) tahap pertama sebesar US$170juta atau setara dengan Rp 2,28 triliun untuk proyek kereta cepat Jakarta-Bandung sudah cair sejak Jumat (27/4/18). 

Dengan demikian, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) sebagai salah satu anggota konsorsium kontraktor akan melakukan percepatan pelaksanaan konstruksi.

"WIKA akan memanfaatkan dana tersebut dengan maksimal sehingga dapat menumbuhkan keyakinan stakeholders terhadap proyek pembangunan transportasi masa depan Indonesia," kata Direktur Utama WIKA Tumiyana, seperti dikutip dari siaran pers, yang dikutip inews.id, Rabu (02/05/2018).

Adapun lingkup pekerjaan WIKA dalam konsorsium adalah pekerjaan struktur, arsitektur, lanskap serta mekanikal dan elektrikal. 

Selain itu, pemerintah juga turut memantau percepatan pembangunan proyek ini. Hari ini, Rabu (2/5/2018), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno bersama dengan pihak China Railway Corporation akan meninjau langsung proyek tersebut di kawasan Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Kereta cepat Jakarta-Bandung ini nantinya dapat menghubungkan empat stasiun, yaitu: Halim, Karawang, Walini, dan Tegalluar Bandung sepanjang 142,3 Km.