press enter to search

Selasa, 21/08/2018 09:08 WIB

5 Tewas Akibat Pesawat Hercules WC-130 Angkatan Udara Amerika Jatuh

| Kamis, 03/05/2018 08:06 WIB
5 Tewas Akibat Pesawat Hercules WC-130 Angkatan Udara Amerika Jatuh Pesawat militer Hercules WC-130 jatuh di Savannah, Amerika Serikat, pada Rabu (2/5/2018) waktu setempat. Lima orang tewas dalam insiden ini. Foto/Twitter @IAFF574

GEORGIA (aksi.id) - Satu pesawat militer Amerika Serikat pada Rabu (2/5) jatuh di Negara Bagian Georgia di bagian selatan Amerika, dan menewaskan lima orang di dalamnya menurut kata Garda Nasional Georgia.

Kecelakaan yang melibatkan pesawat Hercules WC-130 dari Garda Udara Nasional Udara itu terjadi menjelang sore waktu setempat di dekat Kota Savannah menurut petugas pemadam kebakaran.

Media lokal mengutip Lembaga Penerbangan Federal yang menyatakan pesawat yang membawa lima orang tersebut terbang menuju satu pangkalan udara di Arizona dan jatuh tak lama setelah lepas-landas dari Bandar Udara Internasional Utama Savannah/Hilton.

Beberapa saksi mata mengatakan karena pesawat tersebut jatuh di dekat jalan, mungkin ada mobil yang tertimpa pesawat itu menurut siaran kantor berita Xinhua.

Tayangan rekaman kondisi lokasi kejadian menunjukkan asap tebal hitam dan kobaran api dari reruntuhan pesawat.

Sebelumnya, Tiffany Williams, Wakil Kantor Koroner Chatham County, seperti dikutip Reuters, Kamis (3/5/2018), menyatakan dua orang dikonfirmasi tewas.

Pihak The Savannah Professional Firefighters Association mengidentifikasi pesawat itu sebagai pesawat militer Hercules WC-130. Pesawat itu jatuh di dekat Gulfstream Road dan Highway (Jalan Raya) 21 di Port Wentworth.

Jalan di daerah sekitarnya telah ditutup dan ada penundaan yang signifikan untuk penerbangan di Savannah atau di Hilton Head International Airport.

Pesawat Hercules WC-130 buatan Lockheed Martin adalah pesawat angkut militer bermesin empat yang telah diproduksi sejak tahun 1950-an.

Saksi mata, Mark Jones, mengatakan kepada Savannah Morning News bahwa dia melihat pesawat terbang rendah di udara dan beberapa saat kemudian meledak saat jatuh.

"Saya bisa melihat (pesawat) di atas pohon dan terlihat agak rendah seperti melengkung ke jalan, tetapi saya melihatnya sepanjang waktu, jadi saya tidak memikirkan apa pun tentang itu," katanya.

"Saya melihat ke bawah dan kemudian melihat kembali ke atas dan tidak terlihat seperti tertelungkup, tetapi hampir tampak seperti mogok dan hampir datar di sana, di tengah jalan raya," ujarnya.

Pesawat Hercules C-130 adalah pesawat angkut militer yang pertama kali dioperasikan pada 1950-an. Pesawat WC-130 adalah modifikasi dari model yang dikhususkan dalam kegiatan pengawasan. (antara/sindonews).