press enter to search

Rabu, 18/07/2018 23:43 WIB

Angkut 500 Sapi dari Kupang, Kapal Camara Nusantara 3 Berlayar Perdana ke Tanjung Priok

| Sabtu, 05/05/2018 10:40 WIB
Angkut 500 Sapi dari Kupang, Kapal Camara Nusantara 3 Berlayar Perdana ke Tanjung Priok

KUPANG  (aksi.id)  Sebanyak 500 ternak sapi asal Kabupaten Kupang dikirim ke Jakarta untuk memenuhi kebutuhan daging sapi di ibu kota itu.

Jumlah sapi yang ada di Balai Karantina Pertanian Kelas I mencukupi untuk pengiriman sapi dengan menggunakan kapal Camara Nusantara 3.

Kapal Camara Nusantara 3 ini merupakan kapal tol laut untuk ternak yang baru tiba di Kupang setelah diresmikan di Batam beberapa hari lalu.

Ini merupakan perjalanan perdana dari Kupang ke Tanjung Priok dengan membawa sapi.

 

Kapal ini tiba di Kupang pada Kamis (3/5/2018) pagi sekitar pukul 06.00 Wita dan pada Jumat (4/5/2018) dilakukan inspeksi.

Hadir dari Kementerian Perhubungan RI, perusahaan pembuat kapal, juga dari Pelni serta dari Karantina Pertanian Kelas 1.

Dokter hewan dari Balai Karantina, Drh Susanto Nugroho, MSi kepada wartawan mengatakan mereka melihat dari segi kesejahteraan hewan, dari proses pengapalan hewan.

Sehingga hewan tercukupi pakan air dan kenyamanan dama diharapkan hewan dari tempat pengeluaran sampai tujuan itu sehat dan layak.

"Hewan tidak stres dan susut seminimal mungkin. Terbagi dalam beberapa pedock, diharapkan sapi bisa terbagi jelas dan terkandangkan dengan baik," katanya.

Ternak yang ada dikarantina dilakukan dilakukan pemeriksaan, pengasingan, pengamatan dan lainnya.

"Setelah siap maka dari karantina menyatakan siap diberangkatkan. Saat ini sapi dikarantina untuk memenuhi kapal ini bisa memenuhi muatan kapal," katanya.

Sedangkan Kepala Pelni Cabang Kupang, Ishak Gerald mengatakan Pelni sebagai operator saja.

 Kapal ini juga menyiapkan mantri hewan dalam pelayaran.

Kapal ini ada 29 ABK dan ada ruang khusus untuk kleder.

"Besok kapal akan berangkat dengan membawa 500 ekor sapi yang sudah disiapkan dari Kabupaten Kupang," katanya.