press enter to search

Rabu, 15/08/2018 10:52 WIB

Negara-Negara Ini Ubah Zona Waktu

| Minggu, 06/05/2018 08:06 WIB
Negara-Negara Ini Ubah Zona Waktu

JAKARTA (aksi.id) -  Korea Utara menggeser zona waktunya sehingga sesuai dengan Korea Selatan. Ini langkah untuk lebih mempersatukan Korea. Korea Utara bukan negara pertama yang mengubah zona waktunya demi kepentingan politik.

  • Satu negara, satu zona waktu

    Dalam upaya mempersatukan seluruh Cina, tahun 1949 Partai Komunis menyatukan seluruh zona waktu di negara itu, menjadi Waktu Beijing, yaitu GMT/UTC+ 8 jam. Itu berarti, warga di kawasan barat Cina, misalnya provinsi Xinjiang, harus bangun lebih dini daripada waktu tubuh mereka. Ada yang mengubah jam mereka menjadi 2 jam di belakang waktu Beijing. Itu pernah dianggap langkah mengkhianati negara.

  • Adolf Hitler and Francisco Franco

    Burung hanti

    Gaya hidup malam di Spanyol mungkin lebih berlatarbelakang keputusan bersejarah, daripada tempramen Latin. Diktator Francisco Franco bersikap netral (setidaknya di atas kertas) selama Pereang Dunia II. Tapi untuk tunjukkan solidaritas dengan Hitler, tahun 1940 ia mengubah zona waktu Spanyol sehingga sesuai dengan Jerman di bawah NAZI.

  • A man in uniform adjusts his watch

    Melupakan masa lalu

    Pemerintah Korea Utara mengubah waktu yang berlaku tahun 2015. Ketika itu ketegangan politik sangat tinggi di kawasan semenanjung Korea. Tetapi alasan yang dipakai, sangat spektakuler. Katanya, Pyongyang ingin menghilangkan sisa-sisa kolonialisme Jepang. Kedua Korea sebelumnya menggunakan zona waktu sama, seperti ketika dikuasai Jepang, antara 1910 dan 1945.

  • An electricity pylon in Caracas

    Hemat energi, dapat "`masa depan"` lebih banyak

    2016, Presiden Venezuela Nicolas Maduro menyerukan agar semua jam dimajukan 30 menit, sehingga empat jam setelah GMT. Langkah itu meniadakan perubahan waktu yang ditetapkan pendahulunya, Hugo Chavez di tahun 2007. Idenya, masa terang yang lebih panjang akan mengurangi jumlah listrik yang dibutuhkan di seluruh negara. Moto yang digunakan: "setengah jam lebih banyak dari masa depan."

  • A map showing Samoa`s time zone

    Lompatan jauh

    Lompatan paling jauh dalam hal waktu diambil Samoa di samudera Pasifik. Negara pulau itu "lompat" sehari penuh ke sisi lain garis penanggalan international tahun 2011. Dengan langkah itu Samoa 3 jam di depan waktu Sydney. Sebelumnya, 21 jam di belakang Sydney. Itu langkah penghapusan warisan raja dari abad 19, yang ingin negaranya lebih berhubungan erat dengan AS, Australia dan New Zealand.

  • The moon rises above the Himalayan mountains

    Berani tampil beda

    Nepal juga agak aneh dalam hal zona waktu. Waktu di negara pegunungan Himalaya itu 15 menit lebih dini dari negara tetangga India, dan 5 jam 45 menit lebih dini deraipada GMT. Idenya adalah untuk membedakan negara yang berukuran kecil itu terhadap Idnia. Itu mendorong kebanggaan nasional. Penulis: Richard Connor (ml/ap/dw.com).

Keyword Korea Utara