press enter to search

Rabu, 23/05/2018 06:12 WIB

Hutan dan Pohon: Bukan Hanya Paru-Paru Dunia

| Minggu, 06/05/2018 07:31 WIB
Hutan dan Pohon: Bukan Hanya Paru-Paru Dunia

JAKARTA (aksi.id)  Ssaatnya kiya untuk menghargai alam sekeliling kita yang hijau. Penghargaan itu juga karena sumber energi tertua dan bisa diperbarui adalah kayu.

  • Panggilan bagi Hutan

    Rimba, kayu, hutan, hutan kecil. Semua kawasan tempat tumbuhnya kayu jadi perhatian utama pada Hari Hutan Dunia tanggal 21 Maret. Hari ini ditetapkan Perserikatan Bangsa-bangsa tahun 2012. Karena temanya berganti-ganti tiap tahun, ini juga bertujuan meningkatkan kesadaran akan hutan dan kegunaannya yang beraneka ragam. Tema tahun ini: hutan dan energi.

  • Holz Brennholz Wald Baumstämme Bäume (picture-alliance/dpa)

    Seberapa Banyak Kayu Dibutuhkan?

    Hutan adalah basis banyak tipe energi. Jika digunakan sebagai bahan bakar, kayu bisa berguna dalam bentuk padat, gas dan cair. Bahan bakar kayu misalnya kayu bakar, gas kayu, bioetanol menghasilkan energi bagi satu dari tiap tiga rumah tangga di seluruh dunia. Kayu terutama digunakan untuk memasak, memanaskan ruangan dan mendidihkan air.

  • Brennholz vor einem Kamin (Fotolia/maho)

    Bahan Bakar Kayu Adalah Energi Terbarukan

    Hutan-hutan adalah sumber bahan bakar yang bisa didaurulang. Jumlahnya tidak sedikit, sekitar 40% sumber energi di dunia. Emisi yang dilepas ke atmosfir jika kayu dibakar kembali dihilangkan dari udara lewat pohon-pohon yang baru ditanam, karena pohon-pohon menggunakan dan menyimpan CO2. Ini semua tidak ada pada bahan bakar fosil.

  • Saudi Arabien Mitglied der Bidun ethnischen Gruppe (Reuters/M. Al Hwaity)

    Asap Adalah Dampak Mematikan

    Sekitar 50% kayu digunakan untuk menghasilkan energi tiap tahunnya. Di Asia, jumlahnya 60% persen, dan di Afrika bahkan 90%. Asap yang dihasilkan jadi masalah, tertuma bagi kesehatan orang. 4,3 juta orang meninggal tiap tahunnya karena polusi udara di dalam ruangan. Itu lebih dari jumlah seluruhnya kematian akibat malaria, tuberkulosis dan HIV.

  • Myanmar Natur Forstwirtschaft (picture-alliance/AP Photo/J. Holden)

    Bekerja dengan Kayu

    Kayu adalah sumber pekerjaan yang penting. Di negara-negara berkembang, sumber keuangan sekitar 883 juta orang sepenuhnya atau sebagian berasal dari kayu. Dengan bahan bakar organik yang mulai bermunculan, jumlahnya bisa bertambah, juga di negara-negara berkembang.

  • German Pellets (German Pellets)

    Dari Kayu Hasil Tebangan?

    Popularitas briket arang dan pelet semakin tinggi dalam beberapa hari belakangan. Bentuk ini tidak hanya lebih kecil dan mudah digunakan, tapi juga bisa diproduksi dengan bahan selain kayu, misalnya rumput dan abu penggergajian kayu. Keuntungan lain, tranpornya lebih aman dan mudah, dibanding misalnya bahan bakar gas atau minyak dari fosil.

  • Realität – Bäume in der Stadt (Public Domain)

    Tempat Teduh di Kota Yang Panas

    Kayu tidak hanya bagus untuk memanaskan. Di planet bumi yang tambah panas, pohon juga bisa jadi penyejuk. Di kota-kota yang terlalu panas, pohon jadi penyejuk sampai sekitar 8° Celcius. Jika udara kota yang lebih sejuk berarti pendingin ruangan tidak terlalu banyak diperlukan di gedung-gedung.

  • Bildergalerie Amazon Regenwald Rodung (Reuters)

    Pembalakan Liar Ancam Paru-Paru Hijau Dunia

    Rimba hutan tropis memegang peran utama dalam menyimpan CO2. Hutan rimba amazon terancam penebangan ilegal karena pohon ditebang dan lahan dibuka untuk pertanian, pertambangan dan proyek konstruksi. Ilmuwan memperingatkan, hutan harus diselamatkan jika iklim bumi ingin dijaga. Penulis: Jessie-May Franken (ml/hp/dw.com).