press enter to search

Rabu, 15/08/2018 10:52 WIB

Serunya Wisata Edukatif

Redaksi | Sabtu, 05/05/2018 15:45 WIB
Serunya Wisata Edukatif Belajar Menanam Dalam Polybag (Dok: pribadi)

 

JAKARTA(aksi.id) - Banyak cara dilakukan sekolah untuk mengisi kegiatan siswa, diantaranya dengan membuat kegiatan di alam, seperti yang dilakukan oleh siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 20 Marunda, Sabtu, 5 Mei 2018.

Kegiatan Wisata Edukatif yang diikuti oleh siswa kelas 2 ini bertujuan untuk mengenalkan dunia luar dengan mengeksplorasi alam dan juga menumbuhkan keakraban serta kebersamaan orang tua

Di jaman sekarang ini anak-anak lebih akrab dengan dunia elektronik, kurangnya kesempatan bagi mereka untuk mengeksplorasi alam, karena semakin berkurangnya lahan bermain.

"Melalui kegiatan ini anak-anak belajar bagaimana menanam padi dan menangkap ikan", ujar Tety wali kelas 2A di MIN 20 Marunda.

Salah satu wali murid menambahkan "dengan kegiatan seperti ini anak-anak bisa nyemplung ke sawah, sekarang kan udah susah yaa sawah di Jakarta, udah ga ada lahan buat anak-anak main lumpur kalau ga di tempat seperti ini".

Banyak tempat wisata edukatif yang ditawarkan sekarang ini, diantaranya Vila Roso Mulyo yang menjadi tujuan wisata edukasi MIN 20 Marunda.

Selain dapat menanam padi, menangkap ikan, main lumpur dan mewarnai celengan, anak-anak bisa merasakan meluncur dari ketinggian 10 meter di arena flying fox dan membawa pulang tanaman yang mereka tanam sendiri.

"Anak saya baru pertama ini coba flying fox, ternyata dia berani, padahal sebelumnya ga pernah mau flying fox karena takut," ujar orang tua murid yang mengikuti kegiatan.

Bebaskan anak-anak mengeksplorasi dunia luar, dunia mereka dunia bermain, kita sebagai orang tua selayaknya memfasilitasi dan mengawasi kebutuhan mereka. (Della)

Artikel Terkait :

-