press enter to search

Minggu, 19/08/2018 22:32 WIB

Rudal Israel Tewaskan 9 Tentara Suriah & Iran di Selatan Damaskus

| Rabu, 09/05/2018 10:56 WIB
Rudal Israel Tewaskan 9 Tentara Suriah & Iran di Selatan Damaskus

DMASKUS (aksi.id) - Israel dilaporkan meluncurkan dua rudal ke pangkalan militer Suriah di selatan Damaskus, Selasa (8/5).

Kantor berita pemerintah Suriah, SANA, mengklaim dua rudal itu berhasil dicegat sistem pertahanan udara Suriah. Dilaporkan pula dan tidak ada korban yang jatuh dalam serangan terbaru ini.

Namun Lembaga Pemantau HAM Suriah menyebut setidaknya sembilan pasukan pro-Bashar Al Assad tewas, termasuk di dalamnya pasukan Iran dari Garda Revolusi Iran serta beberapa kelompok bersenjata Syiah.

Serangan terjadi pada Selasa dini hari, ledakan keras terdengar dalam radius ratusan meter dari pangkalan militer.

Berdasarkan keterangan Lembaga Pemantau HAM Suriah, gudang-gudang persenjataan menjadi incaran serangan. Tak disebutkan dampak kerusakan dari hantaman rudal Suriah itu.

Sementara itu, sejauh ini militer Israel belum berkomentar mengenai serangan ini. Namun sebelumnya Israel berjanji akan menghentikan langkah Iran untuk membangun kekuatan militer di Suriah, karena bisa mengancam negaranya.

Bersama Rusia, Iran merupakan pendukung utama rezim Bashar Al Assad dalam perang sipil yang sudah berlangsung selama tujuh tahun. Ratusan penasihat militer serta ribuan kelompok Syiah bersenjata dikirim ke Suriah untuk membantu Assad.