press enter to search

Minggu, 19/08/2018 22:32 WIB

Israel Serang Basis Militer Iran di Suriah, 23 Tentara Tewas

| Kamis, 10/05/2018 17:22 WIB
Israel Serang Basis Militer Iran di Suriah, 23 Tentara Tewas

TEL AVIV (aksi.id) - Israel mengklaim serangan pada Kamis (10/5/2018) dini hari mengenai hampir semua basis militer Iran di Suriah.

"Kami menembak hampir semua infrastruktur Iran di Suriah. Saya berharap kami menyelesaikan episode ini dan semua pihak bisa memahami," kata Menteri Pertahanan Israel, Avigdor Lieberman, dikutip dari AFP dan inews, Kamis (10/5/2018).

Serangan dini hari itu merupakan salah satu operasi militer Israel terbesar terhadap kepentingan Iran di Suriah. Iran termasuk sekutu dekat Bashar Al Assad sehingga punya akses untuk menggunakan kekuatan militernya di sana.

Menurut Lieberman, serangan terbaru ini merupakan respons atas serangan sekitar 20 roket yang ditembakkan Iran ke Israel melalui Dataran Tinggi Golan pada Rabu tengah malam.

Israel mengklaim tak ada korban dalam serangan tersebut. Empat rudal ditembak jatuh, sementara sisanya tidak jatuh di wilayah Israel.

"Kami mengetahui rudal-rudal itu ditembakkan pasukan Al Quds," kata juru bicara militer Israel, Jonathan Conricus, merujuk pada pasukan elite Garda Revolusi Iran.

Ledakan keras terdengar pada subuh di Damaskus. Beberapa siaran televisi juga menunjukkan rudal terbang di langit Damaskus, termasuk peluru kendali pencegat milik sistem pertahanan udara Suriah.

Sementara itu Lembaga Pemantau HAM Suriah melaporkan, serangan itu menewaskan sedikitnya 23 pasukan. Lima di antaranya merupakan prajurit Suriah dan sisanya pasukan koalisi berasal dari berbagai negara. Salah seorang korban diketahui perwira.

Serangan ini juga menyebabkan korban luka dari pihak Suriah maupun warga asing.

Kantor berita pemerintah Suriah melaporkan serangan itu mengenai beberapa basis militer, gudang senjata, serta fasilitas radar, tanpa menyebut lokasi persisnya.

Kantor berita SANA juga melaporkan, puluhan rudal berhasil ditembak jatuh oleh peluru kendali antiserangan udara. Beberapa rudal Israel mengenai targetnya. (ray).