press enter to search

Rabu, 15/08/2018 10:52 WIB

Tanpa Mesin Jet, Burung Ini Mampu Terbang Nonstop 14.000 Kilometer

| Senin, 14/05/2018 06:51 WIB
Tanpa Mesin Jet, Burung Ini Mampu Terbang Nonstop 14.000 Kilometer

JAKARTA (aksi.id) - Bagi manusia, terbang 14.000 kilometer tanpa henti adalah tantangan. Tapi bagi banyak spesies burung yang menyeberangi samudera dan benua, termasuk spesies yang tercanam punah, ini bisa dilakukan tanpa bantuan mesin jet.

  • Jagoan terbang jarak jauh

    Ini burung bernama Bar-Tailed Godwit, bahasa Indonesianya: Biru-laut ekor-blorok. Mereka berkembang biak di sepanjang pantai Arktika, semenanjung Skandinavia dan tundra Sibiria.

    Tapi mereka melewati musim dingin di Australia dan Selandia Baru. 2007, seekor burung yang diberi pemancar tercatat terbang sepanjang 11.600 km dari Alaska Barat ke Selandia Baru, tanpa berhenti selama sembilan hari.

  • Global Ideas Zugvögel Rubinkehlkolibri (Imago/D. Delimont)

     

    Berukuran kecil

    Ia diberi nama berdasarkan warga merah di bawah patuknya. Jenis Kolibri ini bisa berukuran sampai 9 cm, dan beratnya hanya 3 gram.

    Tapi di masa migrasi, mereka bisa terbang sepanjang lebih dari 1.500 km tanpa henti menyeberangi Teluk Meksiko ke tempat berkembang biak di bagian timur AS.

  • Adjutant Storch Marabu

     

    Para "pejabat"

    Mereka termasuk spesies bangau. Nama mereka, Great Adjutant (Ajudan Tinggi) diberikan karena gaya bergerak mereka yang seperti pejabat militer. Mereka kini termasuk daftar spesies yang terancam punah. Dan hanya bisa ditemukan di dua lokasi berkembang biak, di India dan Kamboja.

  • Dunkler Sturmtaucher

     

    "The Birds"

    Invasi spesies burung bernama Sooty Shearwater (Ardenna grisea) di Kalifornia tahun 1961 jadi sumber inspirasi film karya Alfred Hitchcock yang berjudul "The Birds."

    Dalam hidup nyata, burung ini lebih mengagumkan daripada menakutkan. Mereka menyeberangi Samudera Pasifik dan Atlantik, yang berarti perjalanan sekitar 14.000 km.

  • Alpenstrandläufer Großbritannien

     

    Mesin jahit

    Burung yang disebut Dunlin ini jadi penyeberang kecil yang banyak ditemukan di kawasan Arktika. Yang berasal di Eropa Utara dan Asia kerap terbang ke Afrika saat musim dingin. Gaya khas mereka saat mematuk makanan menyebabkan mereka mendapat sebutan "mesin jahit".

  • Küstenseeschwalbe

     

    Burung salju

    Mereka punya strategi optimal untuk menghadapi musim dingin. Mereka berkembangbiak di kawasan Arktika ketika musim panas terjadi di bagian utara bumi. Setelah itu mereka terbang ke pantai Antartika di bagian selatan bumi. Dalam proses itu mereka mengadakan perjalanan 80.000 km setiap tahun.

  • Waldrappen Ibis BITTE EINSCHRÄNKUNG BEACHTEN

     

    Burung suci

    Spesies Northern Bald Ibis adalah burung yang sangat terancam kepunahan. Sekarang mereka hanya bisa ditemukan di bagian selatan Maroko. Dulu mereka bermigrasi di Eropa, Afrika Utara dan Timur Tengah. Di jaman Mesir Kuno mereka disebut sebagai burung pertama yang terbang keluar dari Bahtera Nabi Nuh. Peziarah Turki juga menggunakan mereka sebagai orientasi dalam perjalanan menuju Mekah.

  • Global Ideas Zugvögel Steinschmätzer (picture-alliance/blickwinkel/M. Woike)

     

    Yang serba bisa

    Burung yang diberi nama Northern Wheatear adalah salah satu jenis burung berukuran kecil yang melakukan migrasi paling panjang. Mereka terbang melalui samudera, kawasan yang tertutup salju dan padang pasir selama perjalanan musim seminya dari kawasan Sub Sahara di Afrika ke bagian utara bumi.

  • Herbst in Deutschland Zingst Mecklenburg-Vorpommern

     

    Burung jenjang biasa

    Burung jenjang adalah burung yang banyak ditemukan di bagian utara Eropa dan Asia, di mana mereka berkembangbiak. Itu biasanya dilakukan di kawasan rawa dan tanah basah. Untuk "liburan" musim dingin, mereka biasanya bermigrasi ke Afrika Utara dan Timur, juga ke Israel dan sebagian kawasan Iran.

  • Vogel Steinwälzer Arenaria interpres

     

    Si badut

    Motif bulu mereka seperti baju badut di saat musim panas. Di masa itu mereka berkembangbiak di kawasan tundra Eropa, Asia dan Amerika Utara. Jika suhu turun, bulu mereka menjadi berwarna coklat dan menjadi mantel musim dingin.

  • Jagd auf Zugvögel in Albanien

     

    Akhir perjalanan

    Bebek-bebek ini berhasil menyeberangi Laut Tengah dari Afrika Utara. Ketika tiba di pantai Albania, mereka ditembak mati. Setiap tahun, burung kembara banyak yang ditembaki di kawasan Laut Tengah. Antara lain untuk dimakan, dijual, dan yang paling kontroversial, untuk olah raga. Penulis: Ranty Islam, Jennifer Collins (ml/ap/dw.com).

Keyword Burung