press enter to search

Rabu, 23/05/2018 06:05 WIB

Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadhan Digelar Sore Ini

| Selasa, 15/05/2018 13:58 WIB
Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadhan Digelar Sore Ini Pawai obor sambut Ramadhan

JAKARTA (aksi.id)- Kementerian Agama (Kemenag) melalui Ditjen Bimas Islam akan menggelar sidang isbat (penetapan) awal bulan Ramadan 1439H. Rencananya sidang isbat dimulai sore di Kemenag, Jakarta.

Proses sidang dimulai pukul 16.00 WIB, diawali pemaparan dari tim hisab dan rukyat Kemenag tentang posisi hilal menjelang awal Ramadan 1439H. Proses sidang isbat dijadwalkan usai salat magrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

"Hari ini jam 16.00 WIB di Gedung Kemenag Jalan Thamrin," ujar Biro Humas Kemenag, Masduki ketika dikonfirmasi iNews.id melalui telepon, Selasa (15/5/2018).

Sidang isbat akan dihadiri oleh duta besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung (MA) Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Selain itu dihadiri juga Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar falak dari ormas Islam, pejabat eselon I dan II Kemenag serta tim hisab dan rukyat Kemenag.

"Yang sudah konfirmasi semua pimpinan ormas, kemudian ada duta-duta besar negara sahabat. Sampai sekarang kita masih tunggu konfirmasinya. Kemudian yang ketiga itu tadi pejabat kemenag bersama tim hisab rukhyat," ucapnya.

Menurutnya, dalam sidang isbat ada beberapa pemaparan perkembangan hasil pemantauan dari beberapa daerah. Kemudian ada pemamparan dari tim hisab dan rukyat mengenai kondisi bulan sampai menjelang magrib.

Sementara itu lokasi pemantauan dilakukan di 95 titik dari 34 provinsi di Indonesia. "Nanti baru setelah magrib hasil pemaparan akan disidangkan," katanya. (nam).

Keyword Puasa Ramadhan