press enter to search

Sabtu, 26/05/2018 22:35 WIB

Kiat Turunkan Berat Badan di Bulan Puasa

Redaksi | Rabu, 16/05/2018 15:35 WIB
 Kiat Turunkan Berat Badan di Bulan Puasa Foto. Ilustrasi

Memasuki bulan Ramadan, umat muslim wajib menjalankan ibadah puasa.  Dalam berpuasa tak sekedar menahan rasa lapar dan haus saja. Tapi  puasa sendiri memiliki manfaat lainnya yang baik bagi kesehatan Anda.

Menjalani puasa selama +/- 14 jam, selain menahan lapar dan haus, tubuhpun turut melakukan kerja dari dalam. Saat tubuh tidak mendapatkan asupan makanan seperti biasa yang kita lakukan, tubuh bekerja menetrasilir ulang fungsi dari sel-sel tubuh yang rusak.

Puasa pada bulan Ramadhan merupakan momentum yang tepat untuk membuat tubuh lebih sehat sekaligus menurunkan berat badan berlebih.

Jika ingin mendapat manfaat sehat saat berpuasa, sahurlah dengan makanan bergizi seimbang.

Saat berbuka puasa pun jangan dijadikan ajang balas dendam untuk makan sepuasnya.

Berikut 7 kiat menurunkan berat badan pada bulan Ramadhan seperti dikutip dari Boldsky.com:

Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Pada momen ini, umat Muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk berpuasa.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "10 Manfaat Luar Biasa dari Puasa", https://lifestyle.kompas.com/read/2018/05/16/070000120/10-manfaat-luar-biasa-dari-puasa.
Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Glori K. Wadrianto

1. Hindari makanan berlemak tinggi

Asupan makanan sangat memengaruhi penurunan berat badan.

Pastikan sahur dengan menu yang sehat dan bergizi seimbang.

Hindari makanan yang terlalu pedas, makanan berminyak, atau gorengan yang mengandung tinggi lemak. Perbanyaklah makan sayuran dan buah-buahan.

2. Jangan lewatkan makan sahur

Ingin menurunkan berat badan bukan berarti melewatkan makan sahur untuk stamina selama 12 jam berpuasa dan tubuh tetap berenergi.

Melewatkan makan sahur justru bisa memperlambat metabolisme dan menurunkan pembakaran lemak tubuh.

3. Jangan kurang cairan

Pastikan saat puasa tubuh tidak kekurangan cairan. Konsumsilah banyak air putih dan jus buah.

Jika tubuh terhidrasi dengan baik, metabolisme tubuh juga lebih baik sehingga membantu dengan penurunan berat badan.

4. Tinggi serat dan protein

Konsumsilah makanan yang tinggi serat dan protein, terutama saat berbuka puasa.

Protein, lemak sehat, dan serat dapat membantu proses metabolisme tubuh sepanjang malam untuk membakar kalori.

Saat sahur pun sebaiknya konsumsi makanan tinggi serat dan protein yang membuat rasa kenyang lebih lama.

5. Lakukan aktivitas fisik

Puasa bukan waktunya untuk bermalas-malasan meski tubuh kadang terasa lemas.

Lakukan aktivitas fisik mulai dari yang ringan hingga sedang, seperti berjalan kaki, sit up, dan squat.

Kombinasi asupan makan sehat dan aktivitas fisik bisa mempercepat proses penurunan berat badan.

6. Kurangi makanan manis

Melihat makanan manis atau tinggi gula memang menggiurkan. Barangkali Anda sulit menghindari makanan manis yang lezat itu.

Namun ingat, jika ingin menurunkan berat badan, hindari makanan tinggi gula.

Jika Anda ingin lebih sehat, lebih baik konsumsi buah-buahan atau jus yang memberikan rasa manis alami.

7. Tahan nafsu makan berlebih

Hidangan berbuka puasa hingga Lebaran tiba biasanya penuh dengan makanan lezat. Kendalikan nafsu makan Anda.

Jangan makan berlebihan dan ingat kembali niat untuk menurunkan berat badan yang menyehatkan.

(ny)

 

3. Meningkatkan metabolisme Puasa membuat sistem pencernaan kita beristirahat. Ini dapat memberi energi pada metabolisme untuk membakar kalori lebih efisien. Jika pencernaan buruk, maka kondisi itu dapat memengaruhi kemampuan untuk memetabolisme makanan dan membakar lemak. Puasa pun dapat mengatur pencernaan dan meningkatkan fungsi usus yang sehat. Inilah yang akhirnya mampu meningkatkan fungsi metabolisme kita.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "10 Manfaat Luar Biasa dari Puasa", https://lifestyle.kompas.com/read/2018/05/16/070000120/10-manfaat-luar-biasa-dari-puasa.
Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Glori K. Wadrianto
3. Meningkatkan metabolisme Puasa membuat sistem pencernaan kita beristirahat. Ini dapat memberi energi pada metabolisme untuk membakar kalori lebih efisien. Jika pencernaan buruk, maka kondisi itu dapat memengaruhi kemampuan untuk memetabolisme makanan dan membakar lemak. Puasa pun dapat mengatur pencernaan dan meningkatkan fungsi usus yang sehat. Inilah yang akhirnya mampu meningkatkan fungsi metabolisme kita.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "10 Manfaat Luar Biasa dari Puasa", https://lifestyle.kompas.com/read/2018/05/16/070000120/10-manfaat-luar-biasa-dari-puasa.
Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Glori K. Wadrianto
1. Menurunkan berat badan Puasa bisa menjadi cara yang aman untuk menurunkan berat badan. Banyak riset telah menunjukkan puasa intermiten -puasa yang dilakukan secara berkala, memungkinkan tubuh untuk membakar sel-sel lemak lebih efektif daripada diet biasa. Puasa intermiten memungkinkan tubuh untuk menggunakan lemak sebagai sumber utama energi, bukan gula. Kini, banyak atlet menggunakan puasa sebagai sarana untuk mengurangi lemak tubuh ketika menghadapi kompetisi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "10 Manfaat Luar Biasa dari Puasa", https://lifestyle.kompas.com/read/2018/05/16/070000120/10-manfaat-luar-biasa-dari-puasa.
Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Glori K. Wadrianto
1. Menurunkan berat badan Puasa bisa menjadi cara yang aman untuk menurunkan berat badan. Banyak riset telah menunjukkan puasa intermiten -puasa yang dilakukan secara berkala, memungkinkan tubuh untuk membakar sel-sel lemak lebih efektif daripada diet biasa. Puasa intermiten memungkinkan tubuh untuk menggunakan lemak sebagai sumber utama energi, bukan gula. Kini, banyak atlet menggunakan puasa sebagai sarana untuk mengurangi lemak tubuh ketika menghadapi kompetisi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "10 Manfaat Luar Biasa dari Puasa", https://lifestyle.kompas.com/read/2018/05/16/070000120/10-manfaat-luar-biasa-dari-puasa.
Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Glori K. Wadrianto