press enter to search

Sabtu, 17/11/2018 07:44 WIB

Harry dan Markle Dapat Gelar Duke & Duchess of Sussex

| Sabtu, 19/05/2018 15:04 WIB
Harry dan Markle Dapat Gelar Duke & Duchess of Sussex Gelar untuk Pangeran Harry dan Meghan Markle sudah ditetapkan oleh Ratu Elizabeth II. (Kirsty Wigglesworth/Pool via Reuters)

LONDON (aksimid) - Ratu Elizabeth II mengumumkan gelar yang akan disandang Pangeran Harry dan Meghan Markle usai mengucap janji suci pernikahan, beberapa saat sebelum upacara dilangsungkan, Sabtu (19/5).

Melalui pernyataan resmi dalam situs kerajaan, sang Ratu menyatakan dengan gembira akan menganugerahi Harry dan Markle dengan gelar Duke dan Duchess of Sussex.

"Hari ini Ratu dengan bangga untuk menganugerahkan pangkat seorang Duke pada Pangeran Henry dari Wales. Gelarnya bernama Duke of Sussex, Earl of Dumbarton, dan Baron Kilkeel," demikian tertulis dalam pernyataan di akun Twitter resmi Kerajaan Inggris.

Dengan demikian, lanjut pernyataan, Pangeran Harry menjadi His Royal Highness The Duke of Sussex dan Meghan Markle pada pernikahannya akan menjadi Her Royal Highness The Duchess of Sussex.

Sebelumnya, sejarawan Kerajaan Inggris telah memprediksi soal gelar yang akan disematkan pada nama Harry dan Markle.

"Kemungkinan besar, Pangeran Harry bakal menjadi seorang Duke. Yang tersedia adalah Sussex, sehingga Meghan bakal menjadi HRH the Duchess of Sussex," kata Koenig kepada Royal Central, November 2017.

Kala itu, dia turut mengatakan bahwa Markle tak bakal mendapatkan predikat sebagai Princess atau Putri karena gelar Princess hanya diberikan untuk keturunan langsung kerajaan Inggris saja, seperti Putri Charlotte, Eugenie dan Beatrice yang dilahirkan anggota Kerajaan.
 
Mendiang Putri Diana sebenarnya juga tidak mendapatkan gelar Putri. Ketika masih menjadi istri Pangeran Charles, Lady Diana menyandang gelar Princess of Wales. Gelar Putri dalam nama Putri Diana kerap dipanggil orang-orang untuk mempermudah penyebutan.
 
Sementara itu, diberitakan Grazia, sebelum Pangeran Harry, gelar Duke of Sussex pernah disematkan pada Prince Agustus Frederick. Gelar untuk anak keenam dari King George III itu tak lagi berlaku sejak dia meninggal pada 1843 lalu.

Belum ada anggota kerajaan lain yang mengklaim gelar itulah yang kemudian menjadi alasan Koenig memprediksi gelar tersebut akan disematkan pada Pangeran Harry. Gelar Duke itu memang baru didapat seorang pangeran ketika ia telah menikah.