press enter to search

Sabtu, 20/10/2018 15:25 WIB

Arus Mudik Lebaran Mulai Mengalir di Pelabuhan Kumai

| Minggu, 20/05/2018 17:57 WIB
Arus Mudik Lebaran Mulai Mengalir di Pelabuhan Kumai KM Satya Kencana III mengangkut penumpang dari Pelabuhan Kumai menuju Surabaya

KOTAWARINGIN BARAT (aksi.id) - Walau Idul Fitri masih jauh, tetapi ternyata arus mudik Lebara mulai mengalir di Pelabuhan Kumai, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Contohnya, pada Ahad (20/5/2018) pagi, KM Satya Kencana III mengangkut ratusan penumpang  dari pelabuhan tersebut tujuan Surabaya, Jawa Timur.

Sejumlah penumpang mengaku lebih awal pulang ke Jawa untuk menghindari kepadatan arus mudik jelang Lebaran. "Kami pulang karena sudah sekitar setahun di sini. Sudah cukup bekal untuk berlebaran di kampung halaman di Probolinggo," tutur Toidin, pekerja perkebunan.

Dia menuturkan sekitar sepekan setelah Idul Fitri di kampung halaman, akan balik lagi ke Kumai. "Jadi datang dan pergi lagi nggak padat penumpang. Lagipula tiketnya juga nggak mahal," ujarnya.

 Hal senada dikemukakan Yulianti. "Susah tiketnya dan mahal juga kalau pulang dekat-dekat Lebaran. Lebih baik pulang awal-awal puasa aja," cetusnya.

Sambil menyambut dan memberangkatkan ratusan penumpang kapal

Terhadap penumpang yang datang dan pergi, selalu disambut petugas dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kumai. Petugas itu menginbau penumpang untuk berepran aktif dalam menjaga keselamatan pelayaran.

"Jangan bawa barang berbahaya, ya Bu. Patuhi seluruh ketentuan di dalam kapal. Patuhi instruksi awak kapal," tutur Sutarno, seorang petugas sambil tersenyum.

 Kepala KSOP Kumai  Capt. Wahyu Prihanto menuturkan sosialiasi keselamatan, yang diselipkan dalam menyambut dan melepas penumpang itu merupakan bagian dari perintah Menteri Perhubungan dan Dirjen Perhubungan Laut.

"Kami harua proaktif. Apalagi, kami juga berkewajiban menjaga keamanan pelayaran. Pengawasan bersama pihak Polri dan TNI AL ditingkatkan untuk menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran," ungkapnya.

Tentang  KM Satya Kencana III, dia menjelaskan  berbobot GT.2.825 ton dan dinakhodai Capt.Hadi Siswoyo

Kapal ini tiba dari surabaya pada Sabtu 19 Mei 2018 pukul 08.30 Wib dan berangkat pada Ahad pukul 12.00 Wib menuju Surabaya. 

"Dari Kumai ada 155 orang penumpang naik,, tiga mobil kecil, 12 truk besar  serta empat motor," jelasnya.

Aksi.id mempertanyakan tentang penumpang yang awal mudik Lebaran ke Surabaya, Wahyu menuturkan biaa jadi sebagian di antaranya merupakan pemudik Lebaran.

"Hanya saja, kami belum tahu berapa banyak di antara mereka, yang benar-benar mudik Lebaran. Karena setiap hari selalu ada kapal hilir-mudik dari sini ke Surabaya," ungkapnya. (gus).