press enter to search

Kamis, 21/06/2018 23:22 WIB

Penumpang Garuda Bercanda Bawa Bom di Bagasi

| Minggu, 03/06/2018 15:02 WIB
Penumpang Garuda Bercanda Bawa Bom di Bagasi Pesawat Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta. Foto: wahyu/aksi.id

TANGERANG (aksi.id) - Candaan membawa bom dilakukan oleh seorang penumpang maskapai Garuda Indonesia atas nama Henny Adiaksi,  Sabtu (2/6/2018), sekitar pukul 20.30.

Sebelum memasuki pesawat tujuan Bandara Changi, Singapura itu, sang penumpang sempat berseloroh kepada salah satu awak kabin bahwa di dalam barang bawaannya terdapat bom.

Tak pelak, tindakan Henny langsung direspons serius oleh kapten pesawat dan awak kabin lainnya. Perempuan itu dan barang bawaannya lantas diamankan oleh Aviation Security Bandara Soekarno–Hatta.

Namun, setelah diperiksa, ternyata di dalam bagasi Henny tidak ditemukan bom yang dimaksud.

Menteri Budi Karya berharap hukuman terhadap mereka yang bercanda membawa bom bisa memberikan efek jera dan menjadi pelajaran bagi masyarakat lainnya agar tidak melakukan perbuatan serupa. Sebab, candaan semacam itu dapat berpotensi merugikan banyak pihak.

Sebelumnya, candaan membawa bom juga dilakukan oleh seorang penumpang maskapai Lion Air di Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (28/5/2018) pukul 18.50 WIB.

Kepada awak kabin pesawat rute Pontianak–Jakarta itu, penumpang atas nama Frantinus Nirigi mengaku membawa bom di dalam tasnya.

Namun, dalam pemeriksaan polisi, Frantinus yang tercatat sebagai mahasiswa Universitas Tanjungpura, Pontianak itu mengaku hanya bercanda soal bom dalam tasnya.

Kapolres Bandara Soekarno-Hatta AKBP Viktor Togi Tambunan mengatakan saat ini penumpang bernama Henny Adiaksi itu telah dibebaskan.

Viktor mengatakan penumpang yang bercanda soal bom pada Sabtu (2/6) tersebut sudah dipulangkan hari ini. Penumpang tersebut hendak menuju Singapura untuk mengantar ibunya yang akan berobat.

"Dia setelah kita ambil keterangan, kita pulangkan. Sudah (dipulangkan)," Kata Viktor kepada kumparan, Minggu (3/6).

(via/sumber: inews.id).