press enter to search

Rabu, 15/08/2018 10:51 WIB

5 Bulan di Angkasa, 3 Astronot dari AS, Rusia & Jepang Tiba di Bumi

| Senin, 04/06/2018 14:15 WIB
5 Bulan di Angkasa, 3 Astronot dari AS, Rusia & Jepang Tiba di Bumi Scott Tingle dari AS, Anton Shkaplerov dari Rusia dan Norishige Kanai dari Jepang mendarat pukul 12:39 UTC, Minggu (3/6/2018) di Kazakhstan.

JAKARTA (aksi.id) - Tiga astronot dari Stasiun Antariksa Internasional telah kembali dengan selamat ke Bumi setelah menuntaskan misi selama lima bulan.

Scott Tingle dari AS, Anton Shkaplerov dari Rusia dan Norishige Kanai dari Jepang mendarat pukul 12:39 UTC, Minggu (3/6/2018) di Kazakhstan.

Shkaplerov, astronot pertama yang dibantu keluar dari kapsul antariksa Rusia Soyuz, mengatakan "Kami agak lelah tapi senang dengan apa yang telah kami capai dan bahagia kembali ke Bumi. Kami senang cuacanya cerah."

Trio itu akan menjalani tes medis di Kota Karaganda, di Kazakhstan sebelum terbang ke Moskow atau Houston.

Shkaplerov akan pulang ke Moskow dengan sebuah bola sepak yang dibawanya dari stasiun antariksa. Shkaplerov dan seorang kosmonot lain pernah direkam video sedang melakukan latihan dengan bola itu di atas ISS. Kantor berita Rusia, Tass, melaporkan bahwa bola itu akan digunakan dalam pertandingan pembuka Piala Dunia pertengahan bulan ini.

Tiga astronot, Drew Feustel dan Ricky Arnold dari AS, dan Oleg Artemyev dari Rusia, masih berada di ISS. Mereka akan disusul oleh tiga lainnya yang akan lepas landas pada Rabu (6/62018) dari komplek Baikonur di Kazakhstan. (VOA).

Keyword Astronot