press enter to search

Jum'at, 16/11/2018 00:41 WIB

Jalani Hukuman Seumur Hidup, Warga Australia Anggota Penyelundup Heroin dari Bali Meninggal

| Selasa, 05/06/2018 18:25 WIB
Jalani Hukuman Seumur Hidup, Warga Australia Anggota Penyelundup Heroin dari Bali Meninggal Tan Duc Thanh Nguyen menjalani vonis penjara seumur hidup di penjara di Jawa Timur. (AAP: Mick Tsikas)

JAKARTA (aksi.id) - Otoritas Lembaga Pemasyarakatan Indonesia membenarkan anggota dari sindikat Bali Nine, Tan Duc Thanh Nguyen meninggal di rumah sakit di Jawa Timur.

Warga negara Australia keturunan Vietnam, Tan Duc Thanh Nguyen sedang menjalani vonis penjara seumur hidup atas perannya dalam upaya penyelundupan lebih dari 8 kilogram heroin dari Bali ke Australia pada tahun 2005.

Nguyen, 34 tahun, tidak pernah menjadi sorotan, sejak ditangkap di Bali pada tahun 2005.

Dia sedang menjalani hukuman penjara seumur hidup di penjara Malang di Jawa Timur, tetapi menurut seorang juru bicara Lembaga Pemasyarakatan Indonesia Nguyen meninggal karena penyakit kanker yang dideritanya di sebuah rumah sakit di Jakarta.

Tan Duc Thanh Nguyen adalah anggota ketiga dari sindikat Bali Nine yang meninggal. Rekannya, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran telah dieksekusi oleh regu tembak pada tahun 2015 lalu.

Otoritas Departemen Luar Negeri dan Perdagangan (DFAT) kepada ABC mengatakan, pihaknya akan "memberikan bantuan konsuler kepada keluarga dari seorang pria warga Australia yang meninggal akibat penyakit kronis di Indonesia. Untuk alasan privasi kami tidak akan memberikan komentar lebih lanjut".

Sumber: abc.net.au