press enter to search

Senin, 25/06/2018 20:37 WIB

Kemenkes Siapkan 3.910 Faskes Gratis di Ruas Jalur Mudik

Redaksi | Minggu, 10/06/2018 08:07 WIB
 Kemenkes Siapkan 3.910 Faskes Gratis di Ruas Jalur Mudik Posko Kesehatan Mudik Lebaran

JAKARTA (aksi.id) -   Menjelang Lebaran Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof, Dr. dr, Nila Farid Moeloek, Sp.M(K) mengaku jajaranya telah menyiapkan segala persiapan untuk menghadapi arus mudik hari raya, Idul Fitri 1439H.

Selain memberikan sosialisasi mudik sehat, aman dan selamat, Kemenkes juga telah menaruh pos pelayanan kesehatan di berbagai titik. Ada pula sarana transportasi roda empat dan roda dua yang disiagakan di Rest Area, Faskes dan Posko 119.

Kemenkes juga telah bekerjasama dengan 3910 fasilitas layanan kesehatan yang terdiri dari 375 rumah sakit, 2231 puskesmas, 923 pos jaga, 174 posko PSC dan 207 kantor kesehatan pelabuhan. Jumlah ini bertambah 84 dari 2017 yang hanya terdiri dari 3826 faskes.

Untuk mencegah meningkatnya resiko kecelakaan, Kemenkes juga telah bekerjasama dengan Kemenhub dengan melakukan pemeriksaan terhadap supir-supir bus berseta PO-nya. Pemeriksaan tersebut meliputi tekanan gula darah, amfetamin, alkohol. Dari hasil pemeriksaan itulah supir akan ditentukan laytak atau tidaknya untuk mengemudi.

Menkes Nila

(Foto: Leo/Okezone)

Pada saat bersamaan Kemenkes melepas rombongan mudik gratis di halaman kantor Kemenkes, Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Kemenkes menyediakan 25 bus yang siap mengantarakan para pemudik ke berbagai daerah di Indonesia.

“Selamat mudik, semoga sehat di perjalanan dan selamat sampai tujuan. Selamat berkumpul bersama keluarga. Jangan lupa jaga kesehatan selama beradai di kampung halaman, agar semuanya bisa kembali bertugas di hari pertama masuk kerja,” terang Nila Moeloek, saat ditemui Okezone di halaman Kantor Kemenkes, Jumat 8 Juni 2018.

Pada saat bersamaan Kemenkes melepas rombongan mudik gratis di halaman kantor Kemenkes, Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Kemenkes menyediakan 25 bus yang siap mengantarakan para pemudik ke berbagai daerah di Indonesia.

“Selamat mudik, semoga sehat di perjalanan dan selamat sampai tujuan. Selamat berkumpul bersama keluarga. Jangan lupa jaga kesehatan selama beradai di kampung halaman, agar semuanya bisa kembali bertugas di hari pertama masuk kerja,” terang Nila Moeloek, saat ditemui Okezone di halaman Kantor Kemenkes, Jumat 8 Juni 2018.

Peresmian mudik gratis tersebut langsung dilakukan oleh Menteri Kesehatan beserta jajarannya. Mereka sengaja melaksanakan kegiatan ini untuk menjamin kenyamanan, keamanan dan keselamatan perjalanan mudik menuju kampung halaman.

“Dengan adanya mudik bersama ini, jajaran kementerian kesehatan turut berkontribusi dengan kebijakan pemerintah. Hal ini juga berfungsi untuk mengurangi kemacetan serta meningkatnya kecelakaan lalu lintas,” tambahnya.

Acara ini merupakan kegiatan wajib tahunan yang dilakukan oleh Kemenkes. Mudik gratis ini selalu dilaksanakan menjelang hari raya Idul Fitri. (ny/sumber/Okezone.com)