press enter to search

Senin, 25/06/2018 20:29 WIB

Beijing Kecam Dua Pesawat Pembom B-52 Amerika Lintasi Laut China Selatan

| Senin, 11/06/2018 16:33 WIB
Beijing  Kecam Dua Pesawat Pembom B-52 Amerika Lintasi Laut China Selatan

BEIJING (aksi.is).- China mengecam keras Amerika Serikat setelah dua pesawat pembom B-52 terbang meliwati sebuah pulau kecil yang dikuasai China di Laut China Selatan.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying memperingatkan Amerika agar jangan membesar-besarkan militerisasi dan menimbulkan kekeruhan, sementara berjanji bahwa China akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk membela kedaulatannya.

Hua mengatakan kepada para wartawan dalam jumpa pers harian bahwa Amerika “melakukan apa saja yang mereka kehendaki adalah berisiko dan China tidak akan terancam oleh kapal-kapal perang apapun.”

Pesawat tempur China H-6K di atas Scarborough Shoal, Laut China Selatan. (Foto: dok).
Pesawat tempur China H-6K di atas Scarborough Shoal, Laut China Selatan. (Foto: dok).

Penerbangan pekan lalu dekat Scarborough Shoal, yang dirampas China dari Filipina tahun 2012, diadakan setelah Menteri Pertahanan Amerika Jim Mattis menuduh Beijing “melakukan intimidasi dan paksaan” di Laut China Selatan.

Konfrontasi angkatan laut terjadi tidak lama setelah Pentagon membatalkan undangannya kepada China untuk ikut berpartisipasi dalam latihan angkatan laut beberapa negara dekat Hawaii sebagai protes atas tindakan militer China di Laut China Selatan.

Keyword China B-52