press enter to search

Rabu, 14/11/2018 21:07 WIB

Banyak Masalah, Kapal Kargo Filipina Thorco Luna Dilarang Masuk Australia

| Selasa, 12/06/2018 22:22 WIB
Banyak Masalah, Kapal Kargo Filipina Thorco Luna Dilarang Masuk Australia

CANBERRA (aksi.is) - Otoritas Keselamatan Maritim Australia (AMSA) telah melarang kapal kargo umum berbendera Filipina, Thorco Luna, setelah ditahan untuk ketiga kalinya tahun ini karena selalu gagal memenuhi standar internasional.

Kapal itu dibebaskan dari penahanan terakhirnya di Port Kembla pada 8 Juni 2018 dan tidak akan diizinkan memasuki pelabuhan Australia untuk jangka waktu tiga bulan. AMSA memeriksa kapal lima kali antara November 2017 dan Juni 2018.

Pada tiga kesempatan ini kapal itu ditahan dan dikeluarkan dengan 34 kekurangan. Tingkat kekurangan rata-rata kapal adalah 6,8 defisiensi per inspeksi, yang hampir tiga kali lipat rata-rata industri 2,3.

Kekurangan yang paling serius berasal dari fakta bahwa petugas dan awak kapal  tidak terbiasa dengan pengoperasian peralatan dan prosedur kapal yang kritis untuk navigasi dan keselamatan kebakaran. Ini bertentangan dengan kewajiban di bawah bab XI-1 Safety of Life at Sea (SOLAS) Convention.

Dalam satu kasus, petugas navigasi kapal telah merencanakan untuk transit daerah pilotage wajib tanpa pilot dan tidak terbiasa dengan pengoperasian sistem navigasi elektronik yang mereka andalkan.

AMSA juga memiliki kekhawatiran dengan sistem kerja yang aman dan pengoperasian peralatan kapal yang kritis untuk pemadam kebakaran, navigasi dan alarm.

Sejauh ini AMSA sudah melaeang 6 kapal asing masuk selama dua tahun terakhir.