press enter to search

Selasa, 19/06/2018 11:52 WIB

Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Malam Ini Takbiran & Besok Lebaran

| Selasa, 12/06/2018 22:53 WIB
 Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Malam Ini Takbiran & Besok Lebaran Jamaah Naqsabandiyah

PADANG (aksi.id) - Jamaah Tarekat Naqsabandiyah di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), sudah menggelar takbiran, pada Selasa (12/6/2018) malam, pertanda masuknya 1 Syawal 1439 H yang ditetapkan pada Rabu, 13 Juni 2018. Besok, jamaah tarekat ini akan merayakan Lebaran.

Salah satunya terlihat di Masjid Baitul Makmur, Kelurahan Binuang, Kampung Dalam, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Suara takbir terdengar berkumandang, menandakan berakhirnya bulan suci Ramadan bagi penganut Tarekat Naqsabandiyah di daerah ini.

Sebelumnya, puluhan jamaah Tarekat Naqsabandiyah ini melaksanakan Salat Isya berjamaah. Salat dipimpin oleh Imam Ustaz Syafri Malin Mudo yang kemudian dilanjutkan dengan mengumandangkan takbir.

Menurut Ustaz Naqsabandiyah, Syafri Malin Mudo, jamaah Tarekat Naqsabandiyah di Kota Padang menetapkan jatuhnya 1 Syawal 1439 H pada Rabu, 13 Juni 2018 besok. Penetapan Idul Fitri 1439 H ini dilakukan melalui penghitungan kalender Hisab Munjid yang dipercaya secara turun-temurun. Metode ini telah dipercayai secara turun-temurun, sejak ratusan tahun yang lalu.

“Karena Tarekat Naqsabandiyah puasa kemarin hari Senin, jadi perhitungannya hari Rabu besok 1 Syawal. Kegiatan malam ini, kami takbiran,” kata Ustaz Syafri Malin Mudo seperti dikutip inews.id.

Metode Hisab Munjid adalah menghitung 360 hari dari awal Idul Fitri tahun lalu. Demikian juga dalam penetapan awal Ramadan yang mengacu pada awal perayaan tahun sebelumnya. Sebelumnya jamaah Tarekat Naqsabandiyah ini sudah melaksanakan puasa selama 30 hari, lebih dulu dari penetapan 1 Ramadan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Kendati selalu berbeda menetapkan Idul Fitri dengan pemerintah, hal tersebut tidak pernah dipedebatkan oleh para jamaah. Sebab, tradisi ini sudah merupakan ajaran turun-temurun dari nenek moyang para penganut Tarekat Naqsabandiyah. (lia).