press enter to search

Jum'at, 19/10/2018 04:59 WIB

12 Jam Terjebak Macet di Tol Cipali

| Rabu, 13/06/2018 19:49 WIB
12 Jam Terjebak Macet di Tol Cipali Macet berat di tol Cipali

CIREBON (aksi.id)  - Kemacetan parah terjadi di ruas jalan Tol Cipali, hingga lebih dari 12 jam, Rabu (13/6/2018). Ribuan kendaraan terjebak kemacetan sepanjang puluhan kilometer (km) mulai dari ruas jalan Tol Cipali Subang dan mengular hingga ruas jalan Tol Purwakarta. Bahkan, antrean juga tembus ke Tol Cikampek wilayah Jakarta.

Pantauan iNews, antrean dan kemacetan parah kendaraan para pemudik masih terus terjadi di Kilometer (Km) 82 wilayah Purwakarta. Kondisi ini sudah terjadi sejak Rabu dini hari dan masih berlangsung hingga Rabu malam.

Berbagai upaya pengalihan dan rekayasa arus pun sudah di lakukan pihak kepolisian di sejumlah titik, mulai dari Tol Cikampek, hingga sejumlah tol di jalur mudik yang mengalami kepadatan kendaraan.

Saat ini pihak kepolisian tengah memberlakukan sistem one way atau sistem buka tutup satu arah di ruas jalan Tol Cipali sehingga arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah dapat melaju di dua lajur ruas jalan Tol Cipali. Sementara untuk arus sebaliknya ditahan sementara atau dialihkan ke jalur arteri.

Sistem one way ini cukup panjang sekitar 106 km, mulai dari km 82 wilayah perbatasan Purwakarta-Subang hingga km 188 wilayah Subang, Palimanan. Namun, sistem ini di lakukan secara berantai. Di tol selanjutnya, sistem one way pun dilakukan.

Menurut Kapolres Purwakarta AKBP Twedy Aditya B, sistem ini diberlakukan untuk mengurai kemacetan arus kendaraan yang sudah cukup parah sejak tadi malam hingga malam ini. Sistem ini pun akan diberlakukan secara situasional dalam jangka waktu yang tidak dapat ditentukan.

“Hasil evaluasi sejak tadi malam, sudah ada lonjakan volume kendaraan di ruas Tol Cikampek maupun Tol Cipali ini. Direktorat Lalu Lintas kemudian membuat sistem satu arah ini untuk mempecepat laju kendaran menuju arah timur,” kata Twedy Aditya B.

Menurut Kapolres, banyaknya warga Jakarta dan sekitarnya yang baru melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman sejak Rabu dini hari membuat arus lalu lintas di tol membeludak. Kepadatan arus mudik ini diprediksi akan terus terjadi hingga mala ini.

“Kalau dari prediksi seharusnya lonjakan kendaraan tadi malam, tapi ada kemungkinan sampai malam ini,” kata Kapolres.

Keyword Tol Cipali