press enter to search

Selasa, 19/03/2024 17:54 WIB

538 Petugas Helper di Bandara Soetta & Husein Sastranegara Bikin Liburan Lebaran Raos Pisan

| Senin, 18/06/2018 12:16 WIB
538 Petugas Helper di Bandara Soetta & Husein Sastranegara Bikin Liburan Lebaran Raos Pisan Petugas helper juga siap membantu penumpang dengan kebutuhan khusus, lansia, dan ibu hamil. Bahkan termasuk membantu proses check in penumpang di bawah umur.

TANGERANG (aksi.id) - Bepergian libur Lebaran memang sesuatu banget. Tak hanya harus menyiapkan berbagai keperluan di kampung halaman, juga berbagai oleh-oleh.

Namun membawa barang begitu banyak, berpotensi perjalanan menjadi melelahkan. Namun traveler tidak perlu lelah di Bandara Soekaeno-Hatta dan Bandara Husein Sastranegara.

Begitu tiba di terminal kedatangan atau keberangkatan, akan dsiambut oleh petugas helper. Mereka melayani dengan ramah dan tanpa bayaran apapun (tips).

Mereka juga siap membantu penumpang dengan kebutuhan khusus, lansia, dan ibu hamil. Bahkan termasuk membantu proses check in penumpang di bawah umur.

Petugas airport helper selalu siap membantu mulai dari penumpang menurunkan bagasi dari kendaraan pribadi, kemudian proses check-in , hingga proses pengambilan bagasi bagi penumpang yang telah tiba. Kalau orang Sunda bilang, pelayanan helper ini jadi bikin liburan Lebaran raos pisan (enak banget).

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengenukakan  538 airport helper telah disiapkan oleh Angkasa Pura II. Mereka tersebar diseluruh Terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Internasional Husein sastranegara Bandung, ditempatkan pada beberapa titik penurunan serta penjemputan penumpang.

Dia mengungkapkan petugas airport helper dengan rincian Terminal 1 CGK sebanyak 136 helper , Terminal 2 CGK sebanyak 199 helper , Terminal 3 CGK sebanyak 171 helper dan Terminal Bandara Husein Sastranegara  sebanyak 32 helper .

"Jumlah petugas saat ini diharapkan mampu memberikan kelancaran arus mudik lebaran di bandara”, jelas Awaluddin dalam rilis yang dikirim VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura II, Yado Yarismano, Senin (18/6/2018).

Awaluddin menuturkan untuk lebih meningkatkan performansi dari masing-masing airport helper, AP II juga membekali aplikasi khusus untuk memantau kinerja di lapangan yg dinamakan OTHON (Operation Terminal Helper On Network).

Aplikasi ini digunakan untuk mengevaluasi dan menilai masing-masing airport helper yang sedang bertugas. Disamping itu, melalui aplikasi OTHON ini, supervisor airport helper juga dapat mengidentifikasi kepadatan penumpang dan mengetahui titik-titik lokasi yang membutuhkan pelayanan airport helper . Hal ini mampu memberikan efisiensi kerja dan ketepatan distribusi airport helper  di lapangan.

Awaluddin mengemukakan aplikasi OTHON ini mampu meningkatkan kinerja tim operasional bandara dalam memantau airport helper . Tidak hanya berfungsi sebagai pemberi rating kinerja perorangan serta menemukan titik-titik yang perlu dijaga helper , aplikasi ini juga berfungsi sebagai daftar untuk absen helper ketika mulai hingga selesai bekerja. Bagi helper yang berkinerja baik tentu akan ada apresiasi dari perusahaan.


Platform aplikasi OTHON kedepannya juga akan digunakan juga untuk mengevaluasi  layanan-layanan  terminal lainnya seperti pelayanan trolley collector dan juga layanan golf car assistant yg nantinya juga akan dikembangkan untuk mengevaluasi kinerja Aviation Security AP II. Hal ini selaras dengan visi AP II yaitu menjadi "The Best Smart Connected Airport Operator in The Region".


Layanan airport helper ini akan diimplementasikan juga di seluruh cabang AP II dan nantinya akan dikembangkan menjadi layanan integrated passenger service yaitu pada pre-journey dan juga post-journey.

Nantinya airport helper akan dibagi menjadi 2 kategori yaitu "on request" dan "without request". Untuk kategori "on request" airport helper akan dapat dipesan dari "Indonesia Airport Apps", sehingga penumpang dapat merencanakan untuk bisa menggunakan layanan ini sebelum tiba dibandara.  AP II akan selalu berinovasi untuk terus memberikan pelayanan yg terbaik bagi seluruh pelanggan di semua bandara AP II. (awe).