press enter to search

Sabtu, 17/11/2018 07:02 WIB

Rute KA Bandara Soekarno-Hatta akan Diperpanjang hingga Pasar Minggu

| Rabu, 20/06/2018 05:24 WIB
Rute KA Bandara Soekarno-Hatta akan Diperpanjang hingga Pasar Minggu Kru KA Bandara Soekarno-Hatta

TANGERANG (aksi.id) - Kementerian Perhubungan sedang menggodok pembangunan transportasi kereta bandara rute Pasar Minggu ke Bandara Soekarno-Hatta. Hal ini ia sampaikan setelah kereta Bekasi ke Bandara Soekarno-Hatta baru saja diuji coba. 

Menteri Perhubungan Budi Katya Sumadinberharap kereta bandara ini bisa membantu mobilitas masyarakat yang hendak menuju bandara Soekarno-Hatta. Ia menyebut pemerintah terus mendorong agar masyarakat mau menggunakan angkutan massal, alih-alih menggunakan kendaraan pribadi.

"Kami juga sedang memikirkan kalau bisa ada tambahan juga ke daerah Pasar Minggu. Kami harapkan kereta bandara bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat," kata Budi di sela-sela kunjungan ke Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Selasa (19/6/2018).

Terkait dugaan kereta bandara akan menganggu jadwal commuter line, Budi membantah hal tersebut. Menurutnya, hal ini tak akan terjadi karena kereta bandara beroperasi bukan pada jam sibuk.

Budi mengungkapkan kemungkinan akan ada penambahan kereta bandara, namun hal itu masih tergantung permintaan. Tentu hal ini dibarengi dengan pembangunan rel double track agar tidak menggangu mobilitas pekerja yang menggunakan commuter line.


"Tidak akan [mengganggu jadwal commuter line], sekarang kita gunakan jam 10.00 sampai jam 15.00. Nanti Stasiun Manggarai akan berfungsi double track pada 2019 jadi nanti diatur lagi jadwalnya biar bisa dari pagi," kata Budi.

Budi mengatakan waktu tempuh dari Stasiun Kota Bekasi sampai Bandara Soekarno-Hatta hanya memakan waktu 75 menit. Ia menyebut okupansi kereta bandara yang beroperasi empat kali dalam sehari ini mencapai 20 persen.

Sebelumnya, PT Railink dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) menggelar uji perdana operasional kereta Bandara Soekarno Hatta dari dan menuju Stasiun Kota Bekasi hari ini, Selasa (19/6).

Dalam uji coba operasi kereta bandara-Bekasi tersebut, harga yang diberlakukan kepada penumpang khusus Rp35 ribu-Rp100 ribu, bergantung dari tempat tujuan perhentian. Harga ini berlaku sampai akhir Juni 2018.