Dahsyat, Kapasitas TOD Bandara Soetta hingga 1.000 Kendaraan Parkir Inap
TANGERANG (aksi.id) - Dahsyat, manjakan terus pengguna jasa, di Bandara Soekarno Hatta kini disediakan Transit Oriented Development (TOD) berkapasitas 1.000 kendaraan untuk parkir inap.
Dengan begitu, libur Lebaran yang selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu, dimana tradisi kembali ke kampung halaman merupakan rutinitas tahunan masyarakat Indonesia, saat mau naik pesawat tak perlu bimbang menaruh kendaraaan di mana.
"TOD sebagai kawasan yang dipersiapkan untuk memindahkan penumpang yang menggunakan kendaraan pribadi menuju Bandara International Soekarno-Hatta. Adapun transportasi yang disiapkan adalah armada bus yang menghubungkan TOD menuju Terminal 1, 2, dan 3 serta menuju Stasiun Kereta Bandara dan perkantoran di kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Fasilitas bus yang disediakan juga tidak dipungut biaya alias gratis," papar Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta PT Angkasa Pura II Suriawan Wakan di Tangerang, Kamis (21/6/2018).
Gedung TOD yang berdiri di atas lahan seluas 4.600 m2 ini kedepannya akan dilakukan perluasan lahan menjadi 6.100 m2. Langkah ini perlu diambil guna mengantisipasi meningkatnya jumlah kendaraan bermotor yang akan parkir di TOD.
“Hingga saat ini, lahan parkir secara keseluruhan diperuntukkan bagi kendaraan bermotor roda dua. Nantinya setelah dilakukan pengembangan, diharapkan TOD mampu menyediakan 7.500 parkir kendaraan roda dua dan 192 parkir mobil. Nantinya fasilitas parkir akan menggunakan sistem knock down 4 tingkat," ungkapnya.
TOD yang dibangun, terdiri dari gedung tiga lantai serta lahan parkir kendaraan bermotor. Sejak dioperasikan pada Februari 2018, animo masyarakat dalam memanfaatkan fasilitas ini terus meningkat. Angkasa Pura II selaku pengelola TOD mempersiapkan 4.100 lahan parkir untuk kendaran roda dua. Hingga saat ini tercatat produksi parkir kendaraan roda dua (keluar dan masuk) per hari mencapai 8.124 kendaraan. Secara keseluruhan, TOD telah dipersiapkan untuk mampu menampung 6.000 kendaraan roda dua.
Sedangkan untuk layanan parkir inap, disediakan sejumlah lokasi bagi para pengguna jasa fasilitas parkir inap.
Adapun titik-titik Parkir Inap di Bandara Soekarno-Hatta sebagai berikut:
1. Parkir Inap 1 Timur berlokasi di samping Tower LPPNPI, kapasitas 488 lot;
2. Parkir Inap 2 Barat berlokasi di depan Stasiun Kereta Bandara, kapasitas 347 lot;
3. Parkir Inap Tambahan T2 berlokasi di dekat parkir musholla, kapasitas parkir 162 lot; dan
4. Parkir Inap Tambahan T1 berlokasi di ex Pangkalan Damri, kapasitas 80 lot.
"Dengan total lahan parkir sebanyak 1.077 lot dan waktu operasional parkir 24 jam, para penumpang tidak perlu khawatir akan ketersediaan lot parkir, dimana kami juga menyediakan Layanan Online Reservation Parkir Inap Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang memudahkan pengguna jasa dalam memesan parkir inap sebelum tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta," urai dia.
Sistem reservasi parkir inap secara online dapat digunakan melalui aplikasi dalam versi android yaitu “Parkir Inap Angkasa Pura II” yang dapat diunduh melalui Google Play yang kemudian akan tersedia untuk versi iOS di Apple Store.
“Kami terus meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dari segala sudut, terutama dalam peak season Idul Fitri kali ini. Penumpang tidak perlu lagi khawatir tidak mendapat lahan parkir, cukup gunakan aplikasi yang telah kami sediakan untuk melakukan online reservation," tutur Wakan.
Tarif parkir inap Bandara Internasional Soekarno-Hatta adalah Rp30.000 untuk 4 jam pertama, lalu kemudian berikutnya akan dikenakan tarif progresif untuk penambahan jam parkir setiap 1 jam yaitu sebesar Rp6.000 dengan mekanisme sistem pembayaran melalui E-payment yang sudah dapat dilakukan pada sejumlah bank seperti Bank Mandiri, BNI, BRI dan BCA.
Pengembangan aplikasi layanan parkir inap pada fase berikutnya akan diintegrasikan dengan aplikasi Indonesia Airports Apps dan akan dilengkapi dengan sejumlah penambahan fungsi antara lain full book via mobile apps dan parking’s sensor yang memungkinkan pengguna jasa untuk memilih posisi lot parkir saat melakukan reservasi di smartphone. (omy)
Artikel Terkait :
-Artikel Terbaru :
TERPOPULER
- Arus Balik Kendaraan Masih Normal, Korlantas Tunda Rekayasa One Way
- Jasa Raharja, Kemenko PMK, Kemenhub, dan Korlantas Polri Gelar Evaluasi Mudik dan Persiapan Mudik Balik 2024
- Terpantau Tren Kenaikan Volume Pengguna Commuter Line, KAI Commuter Lakukan Penyesuaian Akses Keluar Masuk Di Stasiun Bogor
- Jasa Raharja Serahkan Santunan Meninggal Dunia Kepada Satu Ahli Waris Korban Laka Km 58 yang Teridentifikasi
- Layani Lebih dari 250 Ribu Pengguna Commuter Line Jabodetabek Hingga Pukul 15.00 WIB, KAI Commuter Imbau Jaga Keselamatan Dalam Menggunakan Commuterline
- Tembus 31 Ribu Lebih Pengguna KRL Jabodetabek Turun Di Stasiun Bogor, KAI Commuter Imbau Selalu Awasi Anak dan Barang Bawaan
- Jasa Raharja Serahkan Santunan Korban Kecelakaan di KM 370 A Tol Batang-Semarang
- Normalisasi Terus Dilakukan, Jalur Rel Sudah Bisa Dilalui Dua Arah
- Begini Situasi Hari Pertama Arus Balik Lebaran 2024
- Masih Terus Meningkat, Lebaran Hari Keempat Pengguna Commuter Line di Wilayah 6 Yogyakarta Tembus 300 Ribu Lebih