press enter to search

Jum'at, 21/09/2018 04:07 WIB

Bajak Helikopter, Lemparkan Bom Asap, Lalu Bawa Kabur Gangster dari Penjara Perancis

| Selasa, 03/07/2018 03:35 WIB

PARIS (aksi.id) - emerintah Perancis membuka kemungkinan kegagalan keamanan sebagai salah satu penyebab seorang anggota gangster, Redoine Faid, dapat berhasil kabur dari penjara berpenjagaan ketat menggunakan helikopter.

Menteri Kehakiman Perancis, Nicole Belloubet, mengatakan kepada salah satu radio di Perancis bahwa dia telah mengirim tim untuk memeriksa penjara tersebut "untuk melihat kesalahan-kesalahan keamanan sehingga kami dapat memperbaikinya."

Belloubet mengatakan bahwa memenjarakan Faid di tempat yang sama dalam beberapa bulan juga merupakan sebuah kesalahan.

"Rotasi mungkin perlu dilakukan secara terus menerus," kata Belloubet, sebagaimana dikutip AFP dan cnnindonesia.com.

Komplotan Faid membajak sebuah helikopter dari sekolah penerbangan dan memaksa seorang instruktur membawa mereka ke penjara, di mana pesawat itu diterbangkan di atas halaman pusat penahanan, Minggu (1/6).

Dua orang berbaju hitam bersenjata lengkap kemudian melemparkan bom asap sebelum menggunakan gerinda untuk menyelamatkan Faid di ruang kunjungan penjara, di mana kawan mereka itu sedang berbicara dengan saudaranya.

Para sipir yang tidak bersenjata melarikan diri dan menyalakan alarm darurat. Namun dalam 10 menit, Faid berhasil melarikan diri. Helikopter yang digunakan Faid untuk melarikan diri ditemukan di pinggiran timur laut Paris, sekitar 60km dari penjara.

Pilot ditemukan dalam keadaan sangat terkejut dan sudah dipukuli. Faid dan kedua rekannya melanjutkan pelarian menggunakan mobil. 

Mereka terus berganti mobil sepanjang perjalanan. Mobil pertama ditemukan dalam keadaan terbakar di tempat parkir mal.

Faid memiliki pengikut besar di pinggiran kota multietnis di Paris, tempat dia dibesarkan. Faid pernah tampil di beberapa acara tv. 

Polisi menjuluki Faid sebagai "Sang Penulis" karena pernah menulis dua buku mengenai masa mudanya yang nakal.

Dalam festival film Paris pada April 2009, Faid mendekati Michael Mann, sutradara film gangster 1995 berjudul "Heat" yang dibintangi Al Pacino dan Robert De Niro, dan mengatakan kepadanya, "Anda adalah penasihat teknis saya."

Faid menulis bahwa dia telah menonton film tersebut puluhan kali untuk menyempurnakan kehebatannya dalam merampok bank.
 

Keyword Gangster