press enter to search

Kamis, 28/03/2024 21:17 WIB

Menteri Perindustrian Kukuhkan Pengurus Baru Iperindo

| Selasa, 03/07/2018 13:13 WIB
Menteri Perindustrian Kukuhkan Pengurus Baru Iperindo

JAKARTA (aksi.id) - Galangan kapal merupakan industri strategis dan mempunyai peran vital bagi perekonomian nasional.

Hal itu dikemukakan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto dalam sambutannya pada acara pengukuhan pengurus     Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Sarana Lepas Pantai Indonesia (Iperindo) bakti 2018-2022 

Karakterisasi industri galangan kapal yang padat karya, padat modal, dan padat teknologi memerlukan penanganan dan perhatian serius dari pemerintah agar mampu berkembang dan memiliki daya saing.

Airlangga Hartarto mengutarakan "bagi Indonesia, sektor maritim bukan hanya berfungsi untuk meningkatkan aktivitas ekonomi, namun lebih dari itu, sebagai simbol kekuatan dan kedaulatan negara".

"Industri galangan kapal sebagai manifestasi dari cita-cita tersebut mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sangat besar agar kepentingan negara dalam rangka mewujudkan konektivitas antar wilayah melalui penguatan sarana transportasi laut dapat terwujud", tambah Airlangga.

Untuk meningkatkan daya saing industri perkapalan nasional, Kementerian Perindustrian telah menginisiasi penurunan bea tarif masuk komponen kapal melalui skema khusus serta usulan tax holiday yang nantinya dapat dimanfaatkan sebagai stimulus untuk meningkatkan kinerja industri maritim nasional.

Pada akhir sambutannya,  Airlangga mengucapkan selamat dan sukses kepada pengurus baru DPP Iperindo masa bakti 2018-2022. (Della).