press enter to search

Jum'at, 29/03/2024 01:17 WIB

Rencana Pilot Mogok Mulai Besok, Garuda Pastikan Operasional Berjalan Lancar

| Rabu, 04/07/2018 13:07 WIB
Rencana Pilot Mogok Mulai Besok, Garuda Pastikan Operasional Berjalan Lancar Maskapai Garuda siap terbangi dua kota di Tiongkok

TANGERANG (aksi.id).- Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia memastikan bahwa seluruh layanan penerbangan Garuda Indonesia tetap beroperasi dengan normal menyusul adanya informasi yang menyebutkan bahwa Serikat Karyawan Garuda Indonesia (Sekarga) dan Asosiasi Pilot Garuda Indonesia (APG) kembali mewacanakan aksi mogok.

"Seluruh layanan operasional tetap berlangsung dengan normal dan kami juga turut mengimbau kepada seluruh pengguna jasa untuk tidak khawatir atas wacana tersebut," ujar Vice President Corporate Secretary PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Hengki Heriandono, Kamis (4/7/2018).

Adapun saat ini manajemen bersama seluruh pemangku kepentingan terkait terus berupaya menemukan titik temu perihal tuntutan yang disampaikan oleh rekan rekan Sekarga dan APG.

Sejalan dengan wacana aksi mogok yang disampaikan oleh Sekarga dan APG tersebut, manajemen kembali menegaskan bahwa Garuda Indonesia selalu membuka ruang diskusi atas masukan dan aspirasi yang disampaikan oleh rekan-rekan serikat dan APG tersebut, khususnya dalam menyelaraskan aspirasi APG dan Sekarga dengan upaya peningkatan kinerja operasional perusahaan.

Mengingat upaya ruang diskusi tersebut telah didukung dan difasilitasi oleh pemerintah baik melalui Kemenko Maritim, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian BUMN, yang saat ini masih terus berlangsung, Henki berharap prioritas akan komitmen kelancaran operasional penerbangan tetap dijunjung tinggi oleh rekan-rekan Sekarga dan APG.

Henki optimistis dengan upaya bersama yang dilakukan antar seluruh pemangku kepentingan yang difasilitasi oleh Satgas bentukan Pemerintah dalam mencari titik temu atas aspirasi yang disampaikan rekan-rekan Sekarga dan APG.

Angkut Jamaah Haji, Garuda Indonesia Siapkan Armada Pesawat Sebanyak 14 Unit

"Untuk itu, kita semua secara bersama-sama menghormati komitmen seta dukungan semua pihak agar terus mengedepankan prinsip kebersamaan," ujarnya.

Maskapai Garuda percaya bahwa spirit kebersamaan merupakan platform penting dalam mengawal upaya keberlangsungan peningkatan kinerja perusahaan. "Untuk itu, kami berharap komitmen untuk memperbaiki kinerja ini bisa terus kita upayakan oleh seluruh karyawan termasuk dengan rekan APG dan Sekarga," kata Hengki.

RENCANA MOGOK

Sebelumnya Asosiasi Pilot Garuda Indonesia (APG) memastikan sikap mereka untuk tetap melakukan aksi mogok terbang awal Juli 2018.

Sikap ini diambil lantaran perwakilan para pilot tidak puas dengan hasil mediasi antara mereka dengan manajemen Garuda Indonesia.

Adapun Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman berlaku sebagai mediator dalam mediasi tersebut.

"Sedang kami persiapkan ke arah mogok. Mengenai tanggal pastinya nanti akan kami beri tahu pada waktu press release," kata Presiden APG Captain Bintang Hardiono saat dihubungi Kompas.com pada Selasa (3/7/2018).

Bintang menyebutkan, APG bersama Serikat Karyawan Garuda Indonesia atau Sekarga sudah sepakat mengambil langkah untuk mogok kerja.

Mereka berencana berkumpul terlebih dahulu pada Kamis (5/7/2018) di tempat bernama Pilot House untuk membahas lebih lanjut mekanisme mogok yang akan mereka lakukan.

Ketika ditanya tentang hasil mediasi seperti apa yang belum memuaskan para pilot, Bintang tidak menjelaskan secara detil.

Dia menjanjikan untuk memberi penjelasan detil saat semua persiapan untuk mogok sudah matang.