press enter to search

Minggu, 23/09/2018 10:14 WIB

Perkara KM Lestari Maju, Menteri Perhubungan: Ada Kesalahan Syahbandar

| Rabu, 04/07/2018 22:03 WIB
Perkara KM Lestari Maju, Menteri Perhubungan: Ada Kesalahan Syahbandar

JAKARTA (aksi.id) - Kapal feri KM Lestari Maju yang tenggelam di perairan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7/2018), mengangkut penumpang lebih dari manifes.

Berdasarkan data manifes, kapal mengangkut 139 penumpang, namun jumlah total korban yang telah ditemukan, baik tewas maupun selamat, mencapai 201 orang.

“Memang terdapat kesalahan dari syahbandar dan pihak yang jadi petugas dan tentunya para petugas itu harus menanggung apa yang tidak dilakukan amanat sesuai UU,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Bandara Sultan Hasanuddin, Rabu (4/7/2018).

Kementerian, lanjutnya, tengah menunggu laporan resmi Komite Nasional keselamatan Transportasi (KNKT) yang saat ini masih melakukan investigasi terhadap kejadian tenggelamnya kapal feri yang melayani penyeberangan dari Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba, dan Pelabuhan Pamatata, Kabupaten Selayar, itu.

Pihaknya, lanjut Budi, juga telah menugaskan Jasa Raharja untuk mendata korban, baik yang meninggal dunia maupun yang selamat, berikut jumlah santunan yang seharusnya.

Jumlah santunan bagi keluarga korban yang meninggal dunia sebesar Rp 50 juta.

Menhub memberikan keterangan pers setelah berkunjung ke Selayar untuk memantau langsung proses pencarian korban KM Lestari Maju dan mengunjungi rumah sakit serta puskesmas, tempat para korban selamat dirawat.

Sementara itu, berdasarkan data dari BNPB, korban tewas sejauh ini mencapai 34 orang.

Keyword KM Lestari Maju