press enter to search

Jum'at, 21/09/2018 00:04 WIB

Yes, Ada IAI Wilayah Kaltara Ramaikan Ikatan Akuntan

Redaksi | Jum'at, 06/07/2018 17:11 WIB
Yes, Ada IAI Wilayah Kaltara Ramaikan Ikatan Akuntan

 

TARAKAN (aksi.id) - Rapat pembentukan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) sekaligus pemilihan Ketua IAI wilayah Kalimantan Utara (Kaltara) dilaksanakan di Universitas Borneo, Tarakan, kemarin (5/7/2018).

Para peserta mengikuti rapat dengan sangat aktif. Pembentukan di Kaltara menjadi pembentukan IAI Wilayah ke 34, menjadikan IAI resmi ada di seluruh provinsi se-indonesia.

Hadir untuk membuka acara tersebut, Cris Kuntadi selaku penanggung jawab IAI wilayah Kaltara menyampaikan, pembentukan IAI Kaltara diharapkan dapat menambah wawasan terkait ilmu pengetahuan dan sosialisasi praktek profesi akuntasi lebih kuat lagi.

"Serta bisa menjamin profesi akuntan yang lebih baik di masa yang akan datang khususnya di Kaltara. Saya sangat merespon positif keinginan kuat Fakultas Ekonomi UBT untuk membangun IAI di wilayah Kaltara walaupun, saya baru tahu tidak ada program Akuntansi di UBT," ungkap Cris yang juga mantan Ketua IAI Wilayah Kalbar dan Sumsel.

Hal ini bisa terjadi karena adanya moratorium yang belum dicabut terkait izin pembentukan ilmu sosial di Tarakan.

Cris melihat ini sangat unik dan baru pertama kalinya ada, karena biasanya Program Akuntansi selalu hadir sebagai program pertama di tiap universitas. Akan tetapi, semangat Kaltara sebagai IAI wilayah ke- 34 tak perlu diragukan.

"Saya mengimbau agar semangat ini tetap terjaga sehingga IAI Wilayah Kaltara hingga IAI Kaltara dapat menjadi centre of excellence karena kebutuhan akuntan yang semakin meningkat.

Cris membandingkan dengan kampung halamannya di Purwokerto terkait berkembanganya transportsi khususnya udara yang belum ada namun sudah berkembang.

"Dari segi transportasi, Tarakan sudah punya bandara sendiri. Ini artinya tidak ada alasan bagi Tarakan tidak berkembang," katanya.

Cris mengungkapkan, tidak ada pemda yang tidak butuh akuntan karena, kebutuhan untuk membuat laporan keuangan.

Cris juga berharap semoga dengan diberdirinya IAI Kaltara dapat mengakomodasi dan mengkoordinasi para akuntan yang lebih baik seperti khususnya di Kaltara. Dukungan dari para stakeholder pun sangat dibutuhkan untuk membangun sinergi perkembangan para akuntan.

Pada hari itu juga dilaksanakan pemilihan ketua IAI Wilayah Kaltara, Karyadi, S.E, MM, Ak., CA, Kaper BPK RI Wilayah Kaltara menjadi Ketua dan Wakil Ketua adalah Mappa Panglima Banding setelah memenangkan pilihan dari forum rapat pleno yang dipimpin Cris selaku Dewan Pengurus Nasional IAI yang menjadi pembina akuntansi Kaltara.

Hadir pula pada agenda bersejarah itu yakni Elly Zarni Husin, Executive Director IAI, Dr. Ir. Adi Sutrisno, Wakil Rektor 1 UBT, Dr. Syaiful Anwar, S.E.,M.Si Dekan FE UBT. (omy)

Keyword IAI Kaltara