press enter to search

Sabtu, 17/11/2018 07:54 WIB

Kapal Pesiar Tenggelam: Banyak Ibu Tewas Bersama Anak Dalam Dekapan

| Sabtu, 07/07/2018 21:12 WIB
Kapal Pesiar Tenggelam: Banyak Ibu Tewas Bersama Anak Dalam Dekapan

PHUKET (aksi.is) - Tim SAR di Thailand, Sabtu (7/7), melanjutkan kembali usaha pencarian terhadap sejumlah turis yang masih dinyatakan hilang menyusul tenggelamnya sebuah kapal turis akibat badai di lepas pantai Pulau Phuket, Thailand Selatan.

Jumlah korban tewas yang tercacat hingga kini adalah 38 orang, setelah lima jenazah lagi berhasil ditemukan, Sabtu (7/7). Mereka yang masih dinyatakan hilang umumnya warga negara China.

Para penyelam mengatakan, mereka menyaksikan pemandangan yang mengenaskan dari dalam kapal itu. Menurut mereka, sejumlah anak ditemukan tewas dalam dekapan ibu mereka.

"Sungguh pemandangan yang sulit untuk disaksikan,” kata Philip Entremont, salah seorang penyelam, sebelum melanjutkan usaha pencarian, Sabtu (7/7). “Namun hal terbaik yang harus dilakukan adalah memulangkan jenezah-jenazah itu ke keluarga mereka.”

Kapal itu mengangkut 105 orang, termasuk 93 turis, 11 awak dan seorang pemandu wisata, sewaktu terbalik setelah diterjang ombak setinggi lima meter, Kamis, di lepas pantai bagian selatan Thailand. Sedikitnya 12 orang kini dirawat di rumah sakit terkait kecelakaan tersebut.

Kapten kapal Phoenix, Somjing Boontham, mengatakan, mesin kapal mengalami gangguan setelah kapal itu pertama kali dihantam gelombang. Menurutnya, sistem pengendalian kapal ternyata tidak cukup cepat membuat kapal stabil dan hantaman gelombang berikutnya membuat kapal itu terbalik.

Sebuah kapal lain juga terbalik di lepas pantai Phuket pada hari yang sama. Namun seluruh 42 orang yang berada di kapal itu – kebanyakan turis dari Eropa dan China – berhasil diselamatkan. (VOA).

Keyword Kapal Tenggelam